Social Media

Saturday, July 20, 2024

PLTS Atap: Sumber Energi Terbarukan yang Bantu Pengrajin Ukir Pangkas Biaya

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa sumber energi terbarukan seperti PLTS atap memiliki berbagai macam manfaat. Selain manfaat di bidang lingkungan karena bisa menjadi pembangkit listrik energi terbarukan, pengguna PLTS atap juga mendapatkan manfaat dari segi perekonomian. Contohnya adalah seperti yang dirasakan langsung oleh pengrajin ukir relief di Jepara. Yuk, simak kisah selengkapnya di sini!

Efek Pandemi terhadap Para Pengrajin Ukir

Kota Jepara memang dikenal sebagai kota ukir. Jadi, tidak heran kalau di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam UMKM yang bergerak di bidang seni tersebut. Salah satunya adalah para warga yang bertempat tinggal di Desa Senenan, Tahunan, Jepara. Di sini, mayoritas dari mereka bekerja sebagai pengrajin ukir relief. Biasanya, dalam sebulan mereka bisa mengerjakan dan menjual 2-3 ukiran relief kayu seharga 5 sampai 20 juta rupiah per karya. 

Pelanggan mereka sendiri adalah para pencinta seni serta turis dari luar kota, atau bahkan luar negeri. Beberapa pembeli ukiran kayu Jepara ini bahkan berasal dari Jepang, Iran, hingga Amerika Serikat. Sebab, ukiran kayu dari Jepara memiliki nilai estetik yang tinggi serta kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Jadi, ukiran ini cocok untuk dijadikan koleksi atau dekorasi untuk suatu ruangan di dalam rumah.

Namun, masalah tiba saat pandemi Covid-19 kemarin melanda. Pesanan ukiran dari para pencinta seni maupun turis berkurang drastis. Bahkan, para pengrajin terpaksa menjual murah beberapa ukirannya agar dapat bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Akhirnya, beberapa UMKM memutuskan untuk menghentikan produksi karena tidak mampu membayar karyawan maupun tagihan listrik. Maklum, beberapa alat ukir membutuhkan listrik agar dapat digunakan.

Bantuan Berupa PLTS Atap dari Pemerintah

Melihat hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak tinggal diam. Bekerja sama dengan Koperasi Industri dan Kerajinan Desa Senenan, pemerintah memberi bantuan dalam bentuk pemasangan PLTS atap untuk kebutuhan listrik produksi ukir kayu. Jika ditotal, ada delapan orang yang rumahnya telah memiliki PLTS sebesar 2 kWp dengan sistem on-grid PLN. Dengan pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan, diharapkan pemilik UMKM bisa menghemat pengeluaran per bulannya.

Terbukti, bantuan tersebut bisa mengurangi beban tagihan listrik UMKM di Desa Senenan. Salah satu orang yang mendapatkan manfaat dari PLTS atap tersebut adalah Mulyono. Ia mengatakan, awalnya ia harus membayar Rp800 ribu per bulan untuk tagihan listrik. Setelah menggunakan teknologi tersebut, biaya listriknya terpotong menjadi separuhnya, yaitu Rp400 ribu. 

Tentu saja, ini sangat membantu Mulyono dalam menghemat biaya produksi. Uang yang biasanya digunakan untuk membayar tagihan listrik tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Terus Dorong Penggunaan Energi Terbarukan

Sumbangan PLTS atap untuk UMKM di Desa Senenan ini merupakan salah satu program dari Pemerintah Jawa Tengah untuk meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, terutama dalam bentuk PLTS. Apalagi, pemerintah Indonesia sendiri memiliki target untuk mencapai kapasitas listrik PLTS atap sebanyak 3,6 gigawatt sebelum tahun 2025 nanti.

Tidak berhenti di sini, program pengintegrasian sumber energi terbarukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari juga akan dilakukan di berbagai lokasi lainnya di Jawa Tengah. Rencananya, beberapa industri yang akan disasar adalah industri garmen, industri otomotif dan spare part, serta industri rumahan lainnya. Dengan demikian, masyarakat jadi lebih mengenal dan terbiasa dengan teknologi yang memanfaatkan sumber energi terbarukan.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, apa yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Tengah ini merupakan salah satu perwujudan dari misi nasional untuk memperluas bauran energi terbarukan. Anda sendiri juga bisa membantu pemenuhan target tersebut dengan memasang PLTS atap untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. 

Nah, untuk Anda yang bingung mencari jasa intalasi pemasangan panel surya, cari saja dengan direktori SolarHub. Lewat direktori tersebut, Anda bisa menemukan layanan pemasangan panel surya yang terpercaya, serta dekat dengan lokasi rumah Anda.

 

Referensi:

https://kalkulator.solarhub.id/

Home

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *