Social Media

Sunday, April 21, 2024

7 Contoh Pemanfaatan Tenaga Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, pemerintah terus mendorong penggunaan sumber energi terbarukan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti yang dikutip oleh IESR, semua ini dilakukan untuk mengejar target tahun 2025 nanti, yaitu penerapan energi terbarukan di Indonesia harus mencapai angka 23%. 

Salah satu program yang terus digalakkan adalah penggunaan tenaga surya untuk rumah tangga dalam berbagai macam bentuk. Memangnya, tenaga dari matahari ini bisa digunakan untuk apa saja?

7 Pemanfaatan Tenaga Surya untuk Sehari-hari

Dalam konteks rumah tangga, Anda bisa menggunakan tenaga surya untuk memenuhi beragam kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Sumber listrik

Pertama, tenaga surya bisa digunakan sebagai sumber listrik rumah tangga dengan mengintegrasikan panel surya atap, atau lebih dikenal dengan PLTS atap. Dengan sistem ini, Anda bisa memanfaatkan listrik yang lebih ramah lingkungan karena berasal dari energi terbarukan, serta dengan harga yang lebih terjangkau. Saat rumah Anda dilengkapi dengan PLTS atap, maka ini juga bisa dijadikan sebagai investasi karena nilai properti Anda akan naik. 

2. Pemanas air

Saat ini, pemanas air bertenaga solar atau solar water heater sedang populer. Alat berupa tangki yang dipasang di atap rumah ini bisa memanaskan air hanya dengan menggunakan panas dari matahari. Kemudian, air dari tangki tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk mandi, mencuci baju, dan memasak.

3. Kipas ventilasi

Umumnya, kipas ventilasi berfungsi membuang udara panas dari suatu ruangan, sehingga beban pendingin ruangan jadi lebih ringan. Dengan begitu, energi yang dibutuhkan untuk menyalakan pendingin ruangan tersebut jadi lebih sedikit. 

Agar penggunaan energi jadi lebih hemat, ada kipas ventilasi yang sepenuhnya beroperasi dengan energi terbarukan dari matahari. Artinya, kipas ventilasi jenis ini tidak memerlukan pasokan listrik konvensional karena sudah memiliki panel surya berukuran kecil yang cukup untuk menghidupkan motornya.

4. Penghangat kolam renang

Beberapa orang ingin bersantai dengan berenang di air hangat. Jika Anda memiliki kolam renang pribadi di rumah, Anda bisa menghangatkan air kolam renang tanpa menggunakan listrik sama sekali, lho! Caranya, Anda cukup membeli solar blanket, sebuah “selimut”yang dapat menyerap panas matahari dengan sangat baik dan menyalurkannya ke kolam renang. Solar blanket ini juga bekerja secara pasif, sehingga Anda tidak perlu merakit apapun untuk menggunakannya.

5. Lampu outdoor

Di jalanan, Anda pasti sering menemukan lampu penerangan yang menggunakan tenaga surya untuk menghidupkannya. Selain lampu penerangan jalan, saat ini ada banyak lampu taman atau lampu teras yang juga bisa dinyalakan hanya dengan memanfaatkan tenaga surya. Jadi, lampu tersebut tidak perlu disambungkan ke listrik rumah agar bisa hidup.

6. Memasak

Bagi Anda yang gemar berkemah, membeli sebuah solar cooker bisa jadi adalah sebuah investasi yang tepat. Dengan alat ini, Anda tak perlu lagi susah menyalakan api untuk memanaskan atau memasak makanan. Cukup masukkan makanan ke solar cooker, dan tunggu sesuai dengan instruksinya. Tidak hanya mudah, metode memasak ini juga lebih ramah lingkungan daripada saat Anda menggunakan kompor kemah yang menggunakan gas atau bahan bakar lainnya.

7. Charger baterai

Untuk mengisi daya baterai gadget, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tenaga surya dari solar panel. Apalagi, saat ini ada banyak panel surya portable yang bisa digunakan di mana-mana selama ada sinar matahari. Teknologi ini akan sangat berguna saat Anda sedang berkemah, atau hiking di tempat yang tidak terjangkau listrik.

 

Ternyata, manfaat tenaga surya untuk sehari-hari sangat banyak, kan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan salah satu atau semua teknologi tenaga surya di atas. Misalnya, Anda bisa memasang PLTS atap untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Nah, kalau Anda bingung mencari vendor yang bisa membantu pemasangan tenaga surya untuk rumah Anda, cari saja di direktori SolarHub!

Dengan direktori SolarHub, Anda bisa mencari penyedia jasa pemasangan PLTS atap terpercaya dan terdekat dengan lokasi tempat tinggal. Anda pun tidak perlu bingung lagi harus mencari informasi ke mana. Jadi, yuk, pasang panel surya untuk rumah Anda dari sekarang!

 

Referensi:

https://freedomsolarpower.com/blog/51-uses-of-solar-energy#

https://www.thespruce.com/top-solar-energy-uses-1152263

https://www.rikurenergy.com/15-common-residential-uses-of-solar-power-in-your-homes/

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *