Social Media

Monday, May 27, 2024

Bagaimana Panel Surya Dapat Meningkatkan Nilai Properti Rumah dan Gedung?

Anda pasti sudah tahu bagaimana pembangkit listrik tenaga surya sangat bermanfaat bagi lingkungan. Dengan teknologi ini, Anda bisa mengurangi emisi karbon yang biasanya dihasilkan dari sumber energi listrik lainnya yang tidak terbarukan. Ternyata selain itu, panel surya memiliki beragam manfaat lainnya bagi orang-orang yang menggunakannya.

Misalnya saja saat Anda memasang panel surya di atap rumah atau dikenal dengan sebutan PLTS Atap, maka nilai jual dari properti tersebut juga ikut bertambah. Bagaimana bisa, memangnya?

3 Alasan Panel Surya Dapat Meningkatkan Nilai Properti

Ada beberapa alasan mengapa nilai jual suatu properti seperti rumah tinggal bisa naik jika dilengkapi dengan panel tenaga surya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

1. Lebih hemat biaya listrik

Dengan memasang PLTS atap pada rumah, tentu saja tagihan listrik dari rumah tersebut akan jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah yang sepenuhnya mengandalkan listrik PLN. Apalagi, pembeli rumah tidak perlu memikirkan biaya instalasi dari panel surya tersebut karena semuanya sudah terpasang. Jadi, mereka hanya perlu merawat PLTS atap agar tetap efisien dalam menghasilkan listrik dan tahan lama. 

Jika pembeli rumah tersebut bisa merawat PLTS atap dengan baik, sistem ini bisa terus digunakan hingga 25 tahun. Bayangkan saja berapa banyak tagihan yang bisa dihemat selama puluhan tahun tersebut. 

2. Permintaan panel surya semakin meningkat

Belakangan ini, semakin banyak artis dan influencer lokal maupun internasional yang  menggemborkan beragam keuntungan menggunakan panel tenaga surya untuk rumah tangga. Hal ini membuat permintaan akan rumah dengan PLTS atap pun semakin meningkat. 

Bahkan, tren perumahan premium baru yang menerapkan konsep modern living dan mengintegrasikan teknologi tenaga surya sudah diminati banyak orang. Salah satunya adalah rumah dengan panel surya yang bisa menghasilkan listrik untuk keperluan sehari-hari.

3. Kesadaran masyarakat akan pentingnya energi terbarukan

Tren PLTS atap untuk rumah modern ini juga tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sudah banyak orang yang menyadari dampak buruk dari krisis iklim yang tidak hanya merugikan lingkungan, tetapi juga kualitas hidup mereka. Ini dibuktikan dengan semakin maraknya proyek atau gerakan mencintai lingkungan dalam berbagai bentuk dan media. 

Tidak hanya mengenai sumber energi yang digunakan untuk sehari-hari, kesadaran masyarakat akan pentingnya energi terbarukan ini membuat mereka juga mulai memperhatikan produk yang dikonsumsi. Beberapa brand yang berhasil mengurangi atau bahkan menghilangkan emisi karbon dalam produksinya mulai dilirik oleh sebagian konsumen. 

Walaupun harga produk atau jasanya sedikit lebih mahal, mereka akan tetap memilih produk dengan emisi karbon yang lebih rendah.

Penggunaan Panel Surya di Indonesia Saat Ini

Dalam Persetujuan Paris, sebagian besar negara di dunia memutuskan untuk mencapai net zero carbon emission sebelum tahun 2050. Salah satu negara tersebut adalah Indonesia, yang mulai membuat roadmap-nya sendiri dalam mencapai target tersebut. Salah satu usaha dekarbonisasi yang didorong oleh pemerintah Indonesia adalah penggunaan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. Jalan ini dipilih karena menurut IESR, besarnya potensi energi surya di Indonesia berkisar antara 3.396 hingga 19.385 Giga Watt Peak, lebih tinggi daripada estimasi nasional yang sebesar 207 Giga Watt saja.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian ESDM mulai membuat target pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atap atau PLTS atap. Rencananya, 900 megawatt PLTS atap diharapkan terpasang pada 2023, 1.800 megawatt pada 2024, dan 3.600 megawatt pada tahun 2025 nanti. Untuk mencapainya, pemerintah telah menjalankan berbagai macam program, salah satunya pemasangan PLTS atap gratis untuk UMKM di beberapa daerah.

 

Jadi, siapkah Anda untuk meningkatkan nilai jual properti Anda dan membantu pemerintah mencapai target Persetujuan Paris? Jika iya, yuk, segera rencanakan pemasangan PLTS atap! Anda harus ingat bahwa penggunaan PLTS atap untuk rumah tangga ini tidak hanya meningkatkan nilai jual properti, tapi juga menjaga kelestarian lingkungan dan memotong tagihan listrik bulanan! 

Untuk mulai menggunakan PLTS atap, Anda cukup mencari tahu kebutuhan listrik rumah tangga Anda terlebih dahulu, dan mencari tahu berapa kapasitas panel surya yang cocok. Agar tidak bingung, gunakan saja kalkulator surya SolarHub! Kemudian, Anda bisa mengunjungi direktori SolarHub untuk menemukan layanan pemasangan panel surya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Referensi:

https://iesr.or.id/apa-itu-energi-surya-dan-bagaimana-pengembangannya-di-indonesia

https://www.forbes.com/home-improvement/solar/does-solar-increase-home-value/#how_does_solar_increase_home_value_section

https://www.architecturaldigest.com/reviews/home-improvement/do-solar-panels-increase-home-value#

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/31/110000921/pasang-solar-panel-bisa-tingkatkan-nilai-properti-anda?page=all

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *