Social Media

Sunday, April 21, 2024

Canggih, 5 Instalasi Seni Ini Memanfaatkan Panel Tenaga Surya!

Keberhasilan transisi ke sumber energi listrik terbarukan membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, bisnis besar, hingga masyarakat awam. Maka dari itu, tidak hanya perusahaan ternama yang menerapkan teknologi panel tenaga surya untuk mendukung operasional mereka; muda-mudi di seluruh dunia turut mengajak semua orang untuk merangkul implementasi listrik ramah lingkungan dalam berbagai cara, salah satunya dengan karya seni. Apa saja contoh instalasi seni yang menggunakan panel surya?

Daftar Instalasi Seni yang Menggunakan Panel Tenaga Surya

Sudah sewajarnya sebuah karya seni dapat memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitar. Namun, siapa sangka, sejumlah instalasi seni berikut tidak hanya mendapatkan sumber energi dari panel tenaga surya, tetapi juga memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

1. Solar Tree

Solar Tree di Bristol, Inggris, dibuat sebagai sarana untuk memperkenalkan panel tenaga surya sebagai salah satu sumber energi terbarukan. Di dalamnya terdapat sejumlah fungsi, di antaranya sebagai pengisi daya ulang ponsel serta sumber sinyal Wi-Fi.

Bentuk karya seni ini menyerupai sebatang pohon dengan panel surya di setiap cabangnya yang menghadap ke segala arah. Penyusunan ini dibuat agar panel surya dapat menangkap cahaya matahari sekaligus membentuk bayang-bayang yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berteduh pada siang hari.

Penempatan panel surya ini punya makna tersembunyi, di mana panel berperan seperti lembar-lembar daun yang menangkap sinar matahari sebagai sumber tenaga saat berfotosintesis.

2. Solar Sunflower

Di salah satu area jalur pedestrian dan pesepeda di Austin, Texas, Amerika Serikat, terdapat sebuah lapangan berisi 15 instalasi panel tenaga surya yang berbentuk menyerupai bunga matahari. Instalasi yang dikenal dengan nama Solar Sunflower ini dibuat sebagai ikon kota Austin yang sadar akan energi terbarukan.

Selain sebagai area berteduh untuk para pejalan kaki dan pesepeda, energi yang dikumpulkan oleh bunga-bunga ini digunakan untuk menyalakan instalasi LED di malam hari. Sisa energinya diekspor ke layanan sumber energi sekitar dan dikonversi sebagai biaya perawatan instalasi.

3. Solar Serpent

Jalur cepat Santa Monica, Los Angeles, terlihat berbeda dengan instalasi panel tenaga surya yang berbentuk menyerupai sisik ular bila dilihat dari ketinggian. Instalasi seni yang dinamakan Solar Serpent ini menyelubungi jalur cepat dengan cakupan luasan panel surya seluas lebih dari 95 hektare.

Tak heran bila instalasi ini mampu memproduksi listrik hingga 150 MW, yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan energi bersih masyarakat sekitar. Sumber energi ini mampu mengurangi 15% penggunaan listrik konvensional di area tersebut. Hebatnya lagi, di bawah instalasi ini juga dibuat stasiun pengisian daya untuk mobil listrik.

4. Solar Reserve

Di Tonopah, Nevada, terdapat Solar Reserve yang dibuat oleh John Gerrard pada tahun 2014 lalu. Perangkat ini berupa menara solar thermal power yang dikelilingi oleh 10.000 cermin. Cermin-cermin ini merefleksikan cahaya matahari untuk memanaskan menara sehingga memicu munculnya baterai thermal yang mampu menghasilkan energi listrik.

Uniknya, setiap cermin akan bergerak mengikuti arah matahari, bulan, dan bintang secara real-time sepanjang 365 hari. Gerakan cermin ini dapat dipantau melalui pantauan satelit dalam rentang waktu tiap 60 menit sehingga menciptakan semacam koreografi yang indah dari pergerakan cahaya dan bayangan cermin.

5. Prismatica

Instalasi seni terakhir terletak di New York, tepatnya di Midtown Manhattan. Pada instalasi seni satu ini, terdapat 50 prisma yang terbuat dari panel berlapis film dikroik. Lapisan ini membuat panel mampu memunculkan cahaya dengan spektrum yang berbeda-beda.

Pada siang hari, cahaya matahari membuat prisma-prisma ini berkilauan. Sedangkan pada malam harinya, prisma-prisma ini akan memunculkan warna yang menyesuaikan lingkungan sekitar. 

 

Setelah melihat karya-karya di atas, mungkin tebersit di pikiran Anda untuk mulai memperhitungkan peralihan energi ke listrik tenaga surya. Tak perlu seindah karya seni di atas, Anda dapat memulainya dengan langkah kecil namun efektif, yakni memasang panel tenaga surya untuk mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga setiap harinya.

Anda dapat memulainya dengan menghitung kebutuhan PLTS Atap di rumah Anda menggunakan kalkulator surya SolarHub. Di situ, Anda bisa memperkirakan berapa panel yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda. Dengan begitu, Anda dapat mulai mencari vendor jasa pemasangan PLTS Atap untuk selangkah lebih maju menuju energi hijau.

 

Referensi:

https://iesr.or.id/suara-pemuda-untuk-transisi-energi  

https://iesr.or.id/pustaka/indonesia-energy-transition-outlook-ieto-2023   

https://bristolgreencapital.org/the-technology-behind-bristols-solar-tree/  

https://www.neongreen.co.uk/products  

https://inhabitat.com/austin-texas-gets-an-electric-sunflower-garden/  

https://inhabitat.com/massive-solar-serpent-winds-along-the-santa-monica-freeway/  

https://www.archdaily.com/88827/solar-serpents-in-paradise-mans-tham  

http://www.johngerrard.net/solar-reserve.html  

https://www.lacma.org/art/exhibition/john-gerrard-solar-reserve  

https://publicdelivery.org/ai-weiwei-sunflower-seeds-video-jingdezhen-mary-boone-gallery/  

https://www.tate.org.uk/art/artworks/ai-sunflower-seeds-t13408  

https://theinspirationgrid.com/prismatica-public-art-installation-by-raw/  

https://rawdesign.ca/projects/prismatica/  

https://untappedcities.com/2021/01/12/prismatica-garment-district/  

https://kalkulator.solarhub.id  

https://solarhub.id  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *