Social Media

Monday, May 27, 2024

Bagaimana Leonardo DiCaprio Menjadi Aktivis Energi Terbarukan?

Siapa yang tidak kenal dengan Leonardo DiCaprio? Aktor kawakan pemenang piala Oscar ini telah memainkan berbagai macam film fenomenal yang kerap menghiasi layar lebar serta festival film internasional. Namun, di balik semuanya, ternyata aktor kelahiran Los Angeles ini juga seorang environmentalist! Ia aktif mendukung gerakan melawan krisis iklim dan terus menyuarakan hal tersebut melalui berbagai platform miliknya. Apa saja yang telah dilakukan Leonardo DiCaprio sebagai aktivis lingkungan?

5 Tindakan DiCaprio untuk Melawan Krisis Iklim

Sebelum beranjak ke tindakan konkret apa saja yang sudah dilakukan Leonardo DiCaprio untuk lingkungan, pahami dulu bahwa ia telah memulai semuanya sejak usia 24 tahun. Kini dirinya hampir menginjak 49 tahun dan itu artinya ia telah menyuarakan tentang krisis iklim ini 25 tahun. Mari lihat apa saja yang ia lakukan untuk bumi!

  1. Membangun Leonardo DiCaprio Foundation

Persis setelah film legendaris berjudul Titanic mengangkat namanya di industri perfilman dunia, di saat itulah ia mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation yang bertujuan untuk melindungi bumi. Ketika itu ia masih berusia 24 tahun, tetapi telah memiliki misi untuk mengharmonisasikan antara humanisme dan alam.

Kini yayasan yang dibangunnya itu telah mendukung lebih dari 35 proyek konservasi di seluruh dunia dengan tujuan menjaga ekosistem dan melindungi spesies-spesies langka. Semuanya berawal dari Leonardo DiCaprio kecil yang tersentuh ketika menonton film dokumenter tentang perusakan hutan hujan.

  1. Berinvestasi pada perusahaan yang sustainable

Bukan hanya terang-terangan mendirikan yayasan yang bergerak di ranah lingkungan hidup, Leonardo DiCaprio juga memperhatikan kepada siapa dirinya menanamkan modal investasi. Selama puluhan tahun terakhir, dirinya terbukti hanya mempercayakan dananya pada perusahaan-perusahaan yang memedulikan tentang sustainability.

Sebagai contoh, lawan main Kate Winslet di film Titanic ini berinvestasi pada Beyond Meat, Califia Farms, Hippeas, dan lainnya. Lalu, belum lama ini, tepatnya sekitar tahun 2021, ia memutuskan untuk bergabung bersama keluarga Perfect Day sebagai Sustainability & Health Advisory Council. Perfect Day adalah tech startup penghasil es krim non-hewani pertama di dunia.

  1. Menggunakan berbagai platform untuk meningkatkan awareness

Wujud nyata tindakan Leonardo DiCaprio peduli terhadap krisis iklim pun selalu ia suarakan di berbagai kesempatan. Tak hanya memenuhi platform media sosialnya dengan banyak unggahan seputar lingkungan, ia juga menggunakan momen langsung ketika dirinya menerima piala Oscar untuk pidato soal hal ini.

Tahun 2016 Leonardo DiCaprio menerima piala Oscar atas filmnya yang bertajuk The Revenant. Ketika harus menyampaikan pidato di podium, dirinya pun membuka isu akan lingkungan dan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Momen tersebut tentunya bertepatan, mengingat film buatan Alejandro González Iñárritu itu memang mengungkapkan keindahan alam yang luar biasa.

Pungkasan pidatonya yang menarik pada perhelatan malam tersebut mengatakan, “I thank you all for this amazing award tonight. Let us not take this planet for granted, I do not take this night for granted.

  1. Mendukung pembuatan film dokumenter lingkungan

Sebagai sineas, Leonardo DiCaprio tentu saja mengangkat krisis iklim ini lewat medium film, baik itu film pendek maupun panjang. Beberapa judul yang menyertakan namanya dalam proses produksi, antara lain Cowspiracy: The 11th Hour (2007), Virunga (2014), The Sustainability Secret (2014), Before the Flood (2016), And We Go Green (2019), Ice on Fire (2019), serta The Loneliest Whale: The Search for 52 (2021).

  1. Menjadi pendukung penggunaan energi surya

Peran Leonardo DiCaprio dalam memerangi krisis iklim juga tampak pada komitmennya mendukung penggunaan energi surya sebagai sumber listrik berkelanjutan. Aksi konkretnya adalah dengan menjadi investor di Kingo, perusahaan panel surya off-grid yang mempunyai visi untuk mengalirkan listrik ke daerah-daerah kurang terjamah, misalnya Pegunungan Guatemala.

Tak hanya menanamkan modalnya di sana, aktor berprestasi ini juga bergabung ke dalam dewan penasihat yang kemudian turut menaikkan angka pengguna. Terbukti, setelah tiga tahun berjalan, Kingo berhasil menembus angka 600.000 pengguna (dari hanya 500) di berbagai pedesaan. Sekali lagi, perusahaan ini tidak menuntut biaya sepeser pun.

 

Bagaimana, peran Leonardo DiCaprio sebagai environmentalist tak perlu diragukan lagi, bukan? Jika Anda ingin mengikuti jejak sang aktor untuk memerangi krisis iklim, mulailah dengan memasang PLTS Atap seperti yang dilakukan DiCaprio saat mendukung Kingo.

Mari hitung kebutuhan panel surya di hunian Anda dengan memanfaatkan fitur kalkulator surya SolarHub. Kemudian, temukan vendor pemasangan PLTS Atap terdekat dari daerah Anda dengan mengunjungi laman ini!

 

Referensi:

https://togetherband.org/blogs/news/leonardo-dicaprio-environment

https://vegnews.com/vegan-news/celebrities/leonardo-dicaprio-save-the-planet

https://www.livekindly.com/how-leonardo-dicaprio-saving-planet/

https://www.livekindly.com/how-leonardo-dicaprio-saving-planet/

https://www.people4ocean.com/blogs/blog/how-leonardo-dicaprio-became-a-leading-climate-activist

https://mashable.com/article/leonardo-dicaprio-kingo-solar-energy

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *