Social Media

Monday, May 27, 2024

6 Drone Canggih yang Menggunakan Tenaga Surya

Penggunaan drone akhir-akhir ini makin populer untuk mengambil gambar dari sudut yang tak terjangkau kamera biasa. Namun, fungsinya ternyata tidak hanya untuk konten di media sosial saja. Drone juga berguna untuk berbagai hal, misalnya survei lokasi pembangunan dan pengawasan keamanan. Seiring dengan meningkatnya popularitas drone, banyak orang yang kemudian mempertanyakan, apakah ada drone yang ramah lingkungan. Anda bisa menyimak lebih lanjut tentang berbagai drone canggih yang beroperasi dengan tenaga surya di bawah ini!

  • Sunflower UAV

Drone pertama yang ramah lingkungan berasal dari brand Sunflower Labs, yakni The Bee. Keunggulan dari UAV (Unmanned Aerial Vehicle) ini adalah dapat menangkap video beresolusi tinggi, bisa landing dengan sempurna ke tempat tujuan, dan mengisi daya secara otomatis. Kapasitas baterainya juga cukup besar, mencapai 4000 mAh dan sehingga membuat drone ini bisa diterbangkan selama 15 menit dengan masa istirahat 5 menit. Jangkauannya juga bisa sejauh 600 meter dari posisi controller dan tahan terhadap hembusan angin hingga 20 km/jam.

  • Alta Devices Solar Drone

Perangkat drone berikutnya yang tak boleh ketinggalan untuk Anda coba adalah Alta Devices Solar Drone. Sebenarnya, teknologi ini sudah digagas sejak 2008 dan produk pertamanya berhasil diluncurkan pada 2010. Kemudian, seiring bertambahnya waktu, mereka pun tak henti-hentinya berinovasi supaya dapat terus menciptakan produk yang ringan dengan efisiensi energi mutakhir.

Salah satu produk terbarunya adalah Alta Devices Solar Drone Gen4 yang kabarnya telah mengalami penurunan berat hingga 30 persen dari versi sebelumnya. Meski ringan, tapi efisiensi tenaga yang ditawarkan oleh drone ramah lingkungan ini tidak main-main. Anda bisa menerbangkan drone ini hingga delapan jam dari durasi normalnya yang hanya dua jam. Itu semua berkat peranan panel surya dalam perangkat ini.

  • Skyfront Perimeter 4

Tak kalah hebat dari dua pilihan sebelumnya, Skyfront Perimeter 4 juga hadir dengan konsep yang menawan. Drone ini menawarkan performa yang tidak panas ketika dioperasikan dan durasi pengoperasiannya bisa mencapai 4 jam 54 menit dengan ketahanan terhadap angin mencapai 25 km/jam. Dengan begitu, artinya drone ini tidak membutuhkan pengisian daya yang terlalu sering. Sehingga, Anda bisa menghemat energi sekaligus mengurangi risiko krisis alam akibat aktivitas charging yang menggunakan listrik berbahan bakar batu bara. 

  • Silent Falcon UAS

Drone selanjutnya yang pengoperasiannya memanfaatkan tenaga surya adalah Silent Falcon. Perangkat yang dikembangkan oleh Silent Falcon UAS Technologies ini pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2012. Lalu, penerbangan pertamanya dilakukan pada 2014.

Kelebihan dari drone ini adalah mudah untuk dioperasikan, dipindahkan, dan tak membutuhkan banyak biaya dari segi perawatan. Meski begitu, beratnya cenderung lebih jika dibandingkan dua merek sebelumnya karena drone ini berkisar di 11 kilogram, bergantung konfigurasi sayapnya.

  • PowerEgg X

PowerEgg X adalah merek drone bertenaga surya yang menawarkan performance spesial bagi penggunanya. Tak sekadar bisa mengambil gambar dari jarak sekitar 5 kilometer, perangkat ini juga memungkinkan pengguna untuk tetap mengoperasikannya meski cuaca sedang hujan. Bahkan, hasil gambarnya pun sudah beresolusi 4K!

Kelebihan lainnya adalah drone ini bisa terbang sambil mengisi daya dengan memanfaatkan sinar matahari yang ada. Sehingga, masa pakainya bisa lebih lama. Untuk penerbangan normal sendiri, drone ini bisa bertahan sampai 30 menit dengan batas toleransi kecepatan angin mencapai 29 sampai 30 km/jam.

  • DJI Mavic Air 2

Drone terakhir yang layak untuk Anda pertimbangkan saat sedang mencari perangkat ramah lingkungan adalah DJI Mavic Air 2. Sama seperti pilihan sebelumnya, drone ini tak hanya bisa berfungsi sebagai UAV, melainkan juga bisa dikonfigurasi bentuknya sehingga berwujud seperti handycam biasa.

Daya pakainya sendiri cukup lama, yakni 240 menit, dengan waktu terbang mencapai 34 menit. Resolusi video yang dihasilkan sudah memenuhi kualifikasi 4K dan kapasitas fotonya adalah 48 MP. Fitur-fitur lainnya yang mengesankan dari perangkat ini adalah adanya HDR, smart photo, hingga deteksi wajah sehingga Anda tak perlu takut luput dari kamera.

Untuk Anda yang memiliki hobi fotografi atau videografi, drone tenaga surya bisa menjadi investasi jangka panjang yang ideal. Walaupun drone tenaga surya tersebut belum tersedia di Indonesia sampai saat ini, Anda tetap bisa menjalankan gaya hidup ramah lingkungan dengan beralih ke sumber energi terbarukan yang bisa penuhi kebutuhan rumah tangga.

Caranya, Anda dapat memasang PLTS Atap yang nantinya bisa mengubah sumber energi matahari menjadi energi listrik bagi rumah Anda. Mari hitung perkiraan kapasitas panel surya yang Anda butuhkan dengan memanfaatkan kalkulator surya SolarHub. Lalu, kunjungi laman SolarHub untuk mencari vendor pemasangan PLTS Atap terdekat dari lokasi Anda. Selamat mencoba!

 

Referensi:

https://sunflower-labs.com/specs

https://www.commercialuavnews.com/infrastructure/alta-devices-solar-solution-drones

https://skyfront.com/perimeter-4/

https://www.homelandsecurity-technology.com/projects/silent-falcon-small-unmanned-aircraft-system/

https://www.powervision.me/en/product/powereggx/

https://www.dji.com/id/mavic-air-2

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *