Social Media

Monday, May 27, 2024

7 Brand Terkenal yang Telah Menggunakan Panel Surya

Semakin maraknya usaha untuk melawan krisis iklim membuat konsumen semakin sadar akan pentingnya hal tersebut. Bahkan menurut The Economist, tingkat penjualan produk-produk yang sustainable terus meningkat sejak tahun 2016 hingga 2020. Hal tersebut menjadi salah satu dasar mengapa Handriyanti, peneliti senior IESR, mengatakan bahwa penggunaan energi terbarukan seperti panel surya bisa meningkatkan reputasi atau branding dari suatu bisnis. 

Beberapa brand besar pun akhirnya menyadari hal tersebut dan mulai memberlakukan penggunaan energi terbarukan dalam operasionalnya. Brand-brand ini juga mencanangkan goals masing-masing yang ingin mereka capai dalam beberapa tahun ke depan. Memangnya, brand apa saja yang telah memiliki goals mengenai energi terbarukan, termasuk di dalamnya penggunaan panel surya?

Daftar Brand Kenamaan yang Menggunakan Panel Surya

Sebenarnya, ada banyak brand yang telah mengutamakan sustainability dalam operasionalnya. Sebagian besar dari mereka bahkan telah menanamkan investasi yang cukup besar dalam bentuk panel surya untuk menghasilkan energi hijau. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. IKEA

Pertama, ada IKEA yang dikenal akan produk furniture berkualitas dan mudah dibongkar-pasang. Pada tahun 2017 kemarin, IKEA tercatat telah berkontribusi atas terciptanya energi hijau yang cukup besar, bahkan hingga tiga kali dari total konsumsi energi yang dilakukan oleh IKEA. Kontribusi tersebut diberikan dalam bentuk investasi terhadap beragam proyek yang menghasilkan energi terbarukan, salah satunya berasal dari tenaga surya.

2. Starbucks

Tidak mau kalah, Starbucks yang menggeluti bidang coffee shop juga menerapkan penggunaan sumber energi terbarukan. Beberapa tahun terakhir, perusahaan satu ini telah menginvestasikan hingga ratusan juta Dolar untuk membeli energi terbarukan yang berasal dari panel surya maupun kincir angin.

Tercatat, investasi tersebut cukup untuk menyuplai energi pada 100% cabangnya di Amerika Serikat dan Kanada, atau sekitar 9000 cabang. Hingga saat ini, Starbucks masih gencar menginvestasikan dana untuk proyek energi terbarukan lainnya.

3. Intel

Bukan hanya produsen semiconductor chip terbesar, Intel ternyata juga merupakan pembeli energi hijau terbanyak di Amerika Serikat. Bahkan, dikatakan bahwa investasi tersebut bisa menyamai 100% energy footprint yang mereka gunakan dalam proses produksi. Dari total keseluruhan investasi tersebut, sebagian besar merupakan investasi dalam bentuk tenaga surya yang proyeknya tersebar di beberapa titik di Amerika Serikat.

4. Apple

Raksasa perusahaan teknologi, Apple, juga berencana untuk menjadi sebuah bisnis yang menjunjung tinggi sustainability. Bahkan, perusahaan ini memiliki rencana untuk menjadi carbon neutral dalam seluruh rantai pasokannya pada tahun 2030 nanti. 

Demi mewujudkan hal tersebut, Apple mengajak para supplier-nya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan, misalnya saja yang berasal dari panel surya. Tidak tanggung-tanggung, Apple berencana untuk menghasilkan 8 gigawatts energi hijau dalam proses produksinya. Artinya, per tahun akan ada 15 juta ton metrik CO2 yang berkurang—sama seperti mengurangi sekitar 3,4 juta mobil dari jalanan.

5. Microsoft

Bukan hanya Apple, perusahaan teknologi lainnya, Microsoft, juga berencana untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan dalam proses produksinya. Bahkan, Microsoft berencana untuk sepenuhnya mengandalkan energi terbarukan pada tahun 2030 nanti. Terakhir, Microsoft telah mengumumkan power purchase agreement (PPA) di Korea Selatan sejumlah 2,5 gigawatts tenaga surya untuk memenuhi komitmen tersebut.

6. Google

Tidak ketinggalan, raksasa mesin pencarian Google juga menerapkan penggunaan energi terbarukan. Goals dari Google adalah mencapai 24/7 carbon-free energy pada tahun 2030 kelak. Untuk itu, Google telah beberapa kali melakukan power purchase agreement atau PPA. Bahkan, PPA pertama Google tercatat jauh pada tahun 2010 lalu.

Pada tahun 2022 kemarin, Google mengumumkan bahwa tiga proyek energi terbarukan yang mereka danai telah mulai beroperasi untuk menghasilkan energi hijau. Tiga proyek tersebut berada di Chili, Finlandia, dan Denmark, yang digunakan untuk menjadi sumber tenaga bagi data center Google di masing-masing lokasi tersebut. Jenis sumber energi terbarukan yang digunakan oleh proyek tersebut adalah tenaga dari kincir angin serta panel surya.

7. L’Oreal

Terakhir, terdapat L’Oreal yang juga menggalakkan penggunaan energi terbarukan dari panel surya, kincir angin, biogas, dan sumber energi hijau lainnya. Bahkan pada 2017 kemarin, seluruh situs produksi L’Oreal tercatat telah disuplai dengan 100% energi terbarukan. Pencapaian tersebut bisa didapat karena adanya beberapa proyek sumber energi terbarukan di situs produksi tersebut, serta pembelian Renewable Energy Certificates.

 

Selain mendukung brand yang telah beralih ke energi terbarukan seperti panel surya, Anda juga bisa mengikuti jejak mereka dalam melestarikan lingkungan. Anda dapat memulai dengan langkah yang lebih kecil, yaitu dengan memasang PLTS Atap untuk rumah tangga.

Jika Anda bingung untuk menghitung kebutuhan kapasitas PLTS rumah, gunakan saja kalkulator surya dari SolarHub! Untuk Anda yang tertarik dengan sumber energi terbarukan satu ini, Anda bisa mencari vendor penyedia jasa pemasangan PLTS Atap melalui direktori SolarHub.

 

Referensi:

https://iesr.or.id/iesr-penggunaan-plts-atap-pada-sektor-bisnis-bawa-tiga-manfaat-sekaligus

https://iesr.or.id/plts-jawab-kebutuhan-industri-dan-komersial-untuk-sediakan-produk-hijau

https://kalkulator.solarhub.id

https://solarhub.id

https://www.solarpowerauthority.com/10-companies-utilizing-solar-power-support/

https://www.apple.com/newsroom/2021/03/apple-powers-ahead-in-new-renewable-energy-solutions-with-over-110-suppliers/

https://cloud.google.com/blog/topics/sustainability/clean-energy-projects-begin-to-power-google-data-centers

https://www.techradar.com/news/microsoft-is-making-a-big-push-into-solar-energy

https://stories.starbucks.com/stories/2018/solar-and-wind-power-fuel-starbucks-store/

https://www.loreal.com/en/articles/sharing-beauty-with-all/stepping-up-the-deployment-of-renewable-energy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *