Social Media

Monday, May 27, 2024

7 Band dan Musisi yang Mendukung Energi Terbarukan

Tuntutan untuk mengatasi kedaruratan iklim semakin mendesak. Persetujuan Paris pun menjadi dasar utama negara-negara di dunia dalam menjalankan usaha melawan krisis iklim. Dalam perjanjian tersebut, negara-negara berjanji untuk membatasi kenaikan suhu global agar tidak lebih dari 2 derajat Celcius pada tahun 2050 nanti. 

Untuk mendukung penerapan Perjanjian Paris, kini ada banyak tokoh ternama yang sudah mendukung peralihan ke energi terbarukan. Tidak hanya pencinta lingkungan, beberapa musisi juga menyuarakan hal tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya sudah menggunakan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan dalam kesehariannya. Apakah musisi favorit Anda termasuk salah satunya?

Daftar Band dan Musisi yang Mendukung Penerapan Energi Terbarukan

Selain bertindak dari diri sendiri, cara lain untuk mengatasi krisis iklim adalah dengan mengajak orang lain agar lebih aware terhadap terjadinya krisis tersebut. Hal itulah yang dilakukan beberapa musisi ini. Tidak hanya mendukung kampanye untuk mengatasi kedaruratan iklim, beberapa dari mereka bahkan menerapkannya dalam kehidupan. Siapa saja musisi yang dimaksud?

1. Green Day

Pertama, ada grup musik punk rock Amerika Serikat, Green Day. Grup musik ini ternyata selalu mendorong para fans-nya untuk menggunakan energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga mendukung penggunaan sumber energi berupa biofuel, tenaga angin, serta tenaga surya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

2. Jack Johnson

Musisi soft rock asal Amerika Serikat, Jack Johnson, juga mendukung penggunaan energi terbarukan untuk mengatasi krisis iklim yang terjadi. Pada turnya tahun 2022 kemarin, misalnya. Johnson melakukan beberapa kegiatan untuk melawan krisis iklim, seperti menggunakan kendaraan biofuel selama tur, mendorong venue untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan mengadakan donasi untuk organisasi lingkungan lokal.

3. Cake

Cake, grup musik rock asal Amerika Serikat, memiliki caranya sendiri untuk mendorong penggunaan energi terbarukan. Misalnya, mereka memilih menggunakan solar panel untuk menjadi sumber energi studio musik miliknya. Tidak hanya itu, mereka juga beberapa kali mengadakan penggalangan dana yang disumbangkan untuk usaha reforestation.

4. Coldplay

Berikutnya, ada grup musik asal Inggris, Coldplay. Band yang bertabur penghargaan ini memiliki komitmen untuk mengurangi emisi CO2 dalam turnya pada tahun 2022 lalu. Caranya, mereka menggunakan inovasi teknologi penghasil energi terbarukan saat tampil di panggung. Misalnya, mereka menggunakan tenaga surya untuk berbagai kebutuhan di panggung, serta menggunakan transportasi dengan biofuel saat berpindah dari panggung ke panggung. 

Tidak berhenti di situ, beberapa konser Coldplay juga dilengkapi dengan teknologi “Kinetic Floor” yang inovatif. Dengan teknologi ini, energi bisa diciptakan dari loncatan atau pergerakan para penonton konser. 

5. KT Tunstall

KT Tunstall tidak hanya menerapkan prinsip eco-friendly dalam pelaksanaan konsernya, tapi juga dalam kehidupan sehari-harinya. Contohnya bisa dilihat saat ia berencana untuk merenovasi rumahnya. Saat itu, KT Tunstall menyewa jasa konsultan green building untuk menjadi penasihat dalam proses renovasi rumah tersebut. Mulai dari cat, floorboard, hingga insulasi, semuanya dibuat seramah lingkungan mungkin.

6. Maroon 5

Siapa yang tidak kenal dengan grup musik pop Amerika Serikat satu ini? Maroon 5 ternyata juga merupakan salah satu grup musik yang tergabung dalam Green Music Group, sebuah organisasi yang mendorong anggotanya untuk melaksanakan kegiatan bisnis di industri musik secara ramah lingkungan. Bahkan sang vokalis, Adam Levine, juga dikenal sebagai salah satu pendukung penerapan solusi energi surya.

7. Justin Timberlake

Terakhir, ada musisi ternama Justin Timberlake yang pernah mendapatkan “Future Award” Environmental Media Awards. Penghargaan itu diberikan setelah ia membangun sebuah lapangan golf dengan konsep eco-friendly. Sebelum mendapatkan penghargaan tersebut, ia memang dikenal sebagai salah satu musisi yang kerap meningkatkan awareness terhadap krisis lingkungan yang terjadi.

 

Selain ketujuh musisi dan grup musik yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi mereka yang menjadi advokat bagi sumber energi terbarukan. Tidak hanya mendorong para fans untuk mengutamakan sustainability, beberapa musisi tersebut bahkan menerapkannya pada kehidupan mereka sendiri. 

Jika Anda termotivasi dengan tindakan para musisi tersebut, Anda juga bisa memulai penggunaan energi terbarukan untuk diri sendiri. Misalnya saja, Anda bisa mempertimbangkan pemasangan PLTS Atap untuk rumah. Jika bingung, Anda bisa mengetahui seluk-beluk PLTS Atap pada FAQ SolarHub. Nah, kalau Anda tertarik, langsung saja temukan informasi mengenai penyedia jasa instalasi panel surya di lokasi Anda melalui direktori SolarHub.

 

Referensi:

https://iesr.or.id/faktor-kedaruratan-iklim-harus-menjadi-pertimbangan-utama-kebijakan-energi

https://solarhub.id/pertanyaan-umum/#tentang-plts-atap

https://solarhub.id

https://battlebornbatteries.com/solar-power-concert-studio/

https://www.renewableenergyworld.com/baseload/singers-songwriters-and-solar-energy/

https://edition.cnn.com/2020/02/03/world/green-touring-intl-c2e/index.html

https://www.theguardian.com/environment/2008/mar/09/ethicalliving.energyefficiency

https://sites.psu.edu/lreenglish015/2014/03/15/maroon-5-goes-green/

https://www.nme.com/news/music/justin-timberlake-takes-stand-against-proposed-memphis-oil-pipeline-2926927

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *