Social Media

Monday, May 27, 2024

5 Artis yang Menjadi Aktivis untuk Melawan Perubahan Iklim Global

Photo credit: Wikimedia Commons

Perubahan iklim global menjadi ancaman yang nyata pada sepuluh tahun terakhir. Tingginya tingkat emisi karbon membuat suhu permukaan bumi jadi naik dan menyebabkan berbagai bencana alam yang mengancam keselamatan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Maka dari itu, tidak heran kalau banyak orang yang mulai mengampanyekan aksi untuk mencintai lingkungan dan mengurangi dampak krisis iklim, termasuk di kalangan para selebritas. Memangnya, siapa saja artis tanah air dan dunia yang jadi aktivis lingkungan?

5 Artis yang jadi aktivis lingkungan

Melihat perubahan iklim global yang semakin mengancam, lima nama artis di bawah ini aktif menyerukan pesan untuk lebih cinta lingkungan. Siapa saja? Ada juga yang berasal dari selebritas Indonesia, lho!

1. Leonardo DiCaprio

Salah satu nama selebritas dunia yang telah berkecimpung di isu lingkungan adalah Leonardo DiCaprio. Aktor Hollywood yang namanya melambung setelah berperan sebagai Jack di film Titanic ini ternyata juga sudah merambah ke ranah produser. Ia banyak menyuarakan keresahannya akan perubahan iklim global lewat karya-karyanya, termasuk The 11th Hour yang menjadi film dokumenter tentang krisis iklim paling menghasilkan (40 juta USD).

Di samping itu, sepak terjang Leonardo DiCaprio di ranah lingkungan juga sudah lama ditekuninya. Ia bahkan telah mendirikan yayasan Leonardo DiCaprio Foundation sejak tahun 1998. Yayasan tersebut berfokus pada krisis iklim serta pemulihan ekosistem dan perlindungan spesies yang terancam punah. Sumbangsih yayasan tersebut antara lain membantu melindungi populasi harimau liar di Nepal dengan total bantuan mencapai 1 miliar USD serta mendanai berbagai proyek lebih dari 50 negara di dunia.

2. Ben Affleck

Berikutnya, aktor yang juga turut aktif menyuarakan perubahan iklim global adalah Ben Affleck. Aksinya terhadap lingkungan bahkan membuat dirinya memperoleh penghargaan Environment Media Award pada 2013 lalu. Gerakan yang dilakukan oleh pemeran film Batman vs Superman: Dawn of Justice ini antara lain menyuarakan gaya hidup ramah lingkungan dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan lingkungan.

3. Nadine Chandrawinata

Aktivis lingkungan yang kerap menyuarakan aksi peduli lingkungan bukan saja datang dari kalangan selebritas internasional. Di Indonesia sendiri ada Nadine Chandrawinata yang mengaku telah memiliki ketertarikan terhadap isu lingkungan sejak dirinya masih muda. Dinyatakan sebagai Putri Indonesia tahun 2005 membuat Nadine memiliki keinginan yang makin besar untuk bergerak di ranah tersebut.

Ia lalu mendirikan Sea Soldier, sebuah organisasi non-pemerintah yang fokus pada isu lingkungan, khususnya laut, pada 2015 lalu. Hingga kini, Sea Soldier telah tersebar di 15 kota seluruh Indonesia dan anggotanya mencapai 3.000 orang. Program-program yang digagas oleh organisasi ini antara lain adalah aksi bersih-bersih pantai, pemberhentian sirkus lumba-lumba, sampai mengurangi penggunaan sedotan plastik.

4. Hamish Daud

Aktivis lingkungan yang juga datang dari kalangan artis dalam negeri adalah Hamish Daud. Berprofesi sebagai aktor, ia ternyata tak membatasi langkahnya untuk turut memperhatikan kondisi lingkungan, khususnya di laut. Hamish Daud lantas mendirikan Yayasan Indonesia Ocean Pride yang berfokus pada sampah plastik di laut sekaligus menjaga ekosistemnya agar berkelanjutan.

Untuk mendukung visi yayasannya, ia telah melakukan berbagai program. Mulai dari sustainable living, daur ulang sampah plastik, pengenalan akan mikroplastik, sampai bekerja sama dengan PBB untuk menyuarakan isu sampah plastik dan pelestarian ekosistem laut pun sudah pernah dilakukan olehnya.

5. Nadya Hutagalung

Nadya Hutagalung adalah seorang model, presenter, dan aktris yang juga sadar akan pentingnya isu lingkungan. Ia aktif menyuarakan tentang pelestarian lingkungan dan pentingnya menjaga keseimbangan bumi di berbagai kesempatan seminar maupun acara sejenis. Ia juga tergabung dalam Environment Goodwill Ambassador yang berfokus pada perlindungan hewan langka di Indonesia. Bahkan, Nadya Hutagalung pernah ditunjuk sebagai Duta WWF Elephant Warrior dan Global Earth Hour.

Bagaimana kita bisa membantu?

Menjadi seseorang yang peduli terhadap perubahan iklim global tidak harus dimulai dengan berprofesi sebagai artis. Anda juga bisa membantu menekan dampak krisis iklim dengan mulai beralih ke PLTS Atap yang menggunakan sumber energi terbarukan. Panel surya ini nantinya dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi sumber listrik di rumah Anda. Dengan mengambil langkah sederhana ini, Anda sudah berperan dalam mengurangi tingginya emisi karbon di dunia.

Itulah lima nama artis yang aktif menyuarakan isu lingkungan dan mempunyai aksi nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim global. Anda juga bisa melakukan hal serupa dengan beralih ke pemasangan PLTS Atap. Supaya bisa menemukan penyedia jasa pemasangan panel surya yang tepat dan dekat dengan lokasi Anda, dapatkan informasi lengkapnya di website SolarHub!

 

Referensi:

https://iesr.or.id/dukungan-sektor-finansial-untuk-transisi-energi-di-sektor-rumah-tangga

https://www.volunteerfdip.org/environmental-celebrity-activists-inspiring-the-world-to-volunteer-with-climate-action-to-stop-climate-change

https://thinkconscious.id/6-aktivis-lingkungan-indonesia-yang-inspiratif/

https://id.theasianparent.com/artis-yang-jadi-aktivis

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mencegah-pemanasan-global-yang-bisa-anda-lakukan

Photo credit: Wikimedia Commons

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *