Social Media

Sunday, April 21, 2024

Yuk, Mulai Terapkan Green Lifestyle dengan Pasang Panel Listrik Tenaga Surya!

Belakangan ini, kondisi bumi makin memburuk. Visualisasi data pelacak suhu permukaan bumi dari NASA terus menunjukkan peningkatan setiap tahun. Krisis iklim yang diakibatkan oleh perubahan suhu ini telah mengakibatkan banyak kerugian, di antaranya berkurangnya hasil panen padi di Indonesia, musim kemarau berkepanjangan di berbagai negara, serta lebih banyak badai di Amerika Serikat.

Hal ini lantas membuat sebagian orang mulai beralih ke gaya hidup green lifestyle, salah satunya dengan memasang panel listrik tenaga surya untuk mendapatkan pasokan energi bersih. Apakah Anda salah satunya? Ketahui apa yang harus Anda persiapkan di bawah ini supaya perencanaan Anda lebih matang.

Mengenal green lifestyle yang ramah lingkungan

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu green lifestyle dan bagaimana cara menerapkannya. Nah, green lifestyle, atau dikenal juga dengan sebutan green living, adalah gaya hidup yang mengutamakan pelestarian alam. Untuk memenuhi tujuan tersebut, orang yang menerapkan green lifestyle hanya akan menggunakan produk ramah lingkungan. Seperti apakah produk yang dimaksud?

Selain menghemat konsumsi listrik, mereka hanya akan memilih produk yang dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan-bahan alami. Selain itu, mereka juga bepergian dengan kendaraan listrik, transportasi umum, mengayuh sepeda, atau bahkan berjalan kaki untuk menekan jejak karbon dari kendaraan bermotor.

Mulai terapkan green lifestyle dengan pasang panel listrik tenaga surya

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengikuti green lifestyle adalah dengan memasang panel listrik tenaga surya. Bahkan, kondisi alam Indonesia sangat cocok untuk teknologi pasokan listrik ini. Mengapa demikian?

Berdasarkan informasi dari publikasi IESR terkini, potensi pemanfaatan listrik tenaga surya di Indonesia melebihi perkiraan resmi nasional sebesar 207 GigaWatt (GW). Justru, potensi sesungguhnya dari energi terbarukan ini sangatlah besar hingga lebih dari dua kali lipatnya, yakni 3.396 GWp sampai 19.385 GWp. Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis yang terletak di garis khatulistiwa, sehingga pasokan cahaya mataharinya sangat mencukupi.

Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk beralih ke PLTS sebagai sumber energi listrik sehari-hari demi menjalani green lifestyle

Kisaran biaya pemasangan panel listrik tenaga surya

Saat Anda tertarik memasang panel listrik tenaga surya, mungkin salah satu pertanyaan yang ada di benak Anda adalah biaya yang diperlukan. Harga dari satu panel surya dengan kapasitas 1 kWp adalah Rp14 juta. Akan tetapi, besaran daya ini tidak akan mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga maupun komersial. Maka dari itu, Anda harus membeli lebih dari satu panel. 

Jadi, berapakah panel listrik tenaga surya yang harus dipasang? Semuanya kembali lagi ke besaran konsumsi listrik Anda selama ini. Kemudian, kalikan harga yang sudah disebutkan dan jumlah panel yang sesuai dengan kebutuhan daya Anda. Agar Anda dapat menghitung estimasi biaya pemasangan panel surya untuk atap rumah dengan lebih mudah, gunakan saja kalkulator surya dari SolarHub.

Apakah butuh izin khusus?

Proses pemasangan panel listrik tenaga surya sangat bergantung dari besaran tenaga yang diinginkan. Pada angka tertentu, Anda harus memiliki izin khusus sebelum bisa memasang panel surya di atap bangunan Anda. Hal ini diatur oleh Peraturan Menteri ESDM Nomor 11/2021 tentang Pelaksanaan Usaha Ketenagalistrikan.

Menurut pasal 39 ayat 2 dari peraturan tersebut, Anda tidak perlu meminta izin jika kapasitas satu sistem listrik tenaga surya yang ingin dipasang kurang dari 500 kW. Namun, jika keperluan Anda lebih besar dari angka yang disebutkan, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen administratif dan bukti hasil uji pabrikan produk panel surya. 

Setelah lolos, Anda akan memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari PLN dan diwajibkan melapor kepada Kementerian ESDM sebanyak satu kali untuk keperluan pencatatan data pengguna.

Sudah mantap untuk beralih ke green lifestyle? Pastikan Anda sudah mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk menunjang gaya hidup ramah lingkungan, salah satunya panel surya sebagai sumber pasokan energi di rumah. 

Jika Anda sudah mengetahui kebutuhan kapasitas dan jumlah panel listrik tenaga surya yang harus dipasang beserta izinnya, yuk, cari tahu penyedia jasa pemasangan PLTS yang terdekat dengan Anda. Di manakah Anda bisa menemukan daftar vendor yang terpercaya? Website SolarHub akan mempermudah pencarian Anda dengan informasi lokasi serta ulasan pengguna pada direktori perusahaan PLTS-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *