Social Media

Monday, May 27, 2024

Tak Hanya Kaya Vitamin D, Sinar Matahari Juga Bisa Jadi Sumber Energi Alternatif!

Selain berfungsi sebagai salah satu sumber energi alternatif yang aman untuk lingkungan, matahari juga punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik serta mental. Memangnya, apa saja kegunaan matahari dalam kehidupan sehari-hari di samping menerangi lingkungan sekitar dengan alami? Mari kita pelajari bagaimana sinar matahari dapat menguntungkan kehidupan kita dan ekosistem alam di bawah ini.

Sumber energi listrik

Karena energi tak terbarukan berpotensi mencemari lingkungan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan energi jangka panjang, sinar matahari memiliki peranan penting sebagai sumber energi alternatif. 

Dengan adanya PLTS Atap yang memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti sinar matahari, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari tanpa mencemari lingkungan. Pasalnya, berbeda dengan listrik dari energi tak terbarukan, produksi listrik tenaga surya tidak menghasilkan emisi karbon yang besar. 

Apakah Anda tertarik memanfaatkan pasokan listrik dari tenaga surya? Anda bisa mencari lebih banyak informasi tentang PLTS Atap di daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan atau FAQ pada website resmi SolarHub.

Kaya akan vitamin D

Peran sinar matahari tidak terbatas pada sumber energi alternatif saja. Mengapa? Karena cahaya matahari mengandung banyak vitamin D yang bertahan lebih lama pada tubuh jika dibandingkan dengan kandungan dalam suplemen makanan atau bahan baku masakan.

Perlu diingat bahwa untuk menjaga kekokohan tulang dalam jangka waktu panjang, asupan sinar matahari harian yang disarankan adalah 600 International Unit (IU) untuk orang dewasa. Nah, Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di luar ruangan pada pagi hari selama 10 hingga 20 menit setiap hari. 

Dengan demikian, Anda akan mampu menjaga kelancaran proses kognitif pada kegiatan sehari-hari, serta terhindarkan dari risiko tulang dan gigi keropos.

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur Anda sangat ditentukan oleh kinerja circadian rhythm pada tubuh. Apa itu? Sederhananya, circadian rhythm atau ritme sirkadian merupakan proses biologis yang mengatur kapan tubuh Anda bisa beraktivitas dan harus beristirahat. Salah satu faktor yang memengaruhi performa circadian rhythm adalah paparan terhadap cahaya eksternal, terutama cahaya matahari.

Selama matahari masih bersinar, sel tubuh kita akan mengirimkan pesan kepada otak untuk memproduksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Sebaliknya, saat matahari sudah terbenam, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang akan membuat Anda mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Jadi, cahaya matahari merupakan sumber energi alternatif yang juga dapat membuat kualitas tidur lebih baik.

Membantu meningkatkan mood

Tidak hanya meningkatkan kualitas tidur dan menjadi sumber energi alternatif, sinar matahari juga membawa pengaruh baik bagi suasana hati Anda. Mengapa? Cahaya matahari yang ditangkap oleh sel iPRGC atau reseptor cahaya pada retina mata dapat menjangkau area tertentu pada otak, yaitu sistem limbik. 

Area tersebut berperan dalam mengatur kondisi emosional Anda, sehingga jika terpapar oleh sinar matahari, produksi hormon yang membuat suasana hati lebih baik juga akan meningkat. Oleh sebab itu, dengan asupan sinar matahari yang mencukupi setiap harinya, Anda dapat menurunkan risiko mengalami gangguan pada kesehatan mental.

Sumber cahaya alami

Salah satu fungsi terpenting dari matahari adalah sumber penerangan alami. Matahari memang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, tetapi pada saat yang bersamaan, cahaya matahari juga dapat menghemat penggunaan listrik. 

Pada siang hari, Anda tidak perlu menyalakan lampu karena cahaya dari luar sudah cukup untuk menerangi rumah Anda. Hal ini dapat membantu Anda menekan konsumsi energi listrik, dan pada akhirnya, tagihan listrik bulanan Anda akan lebih murah.

Berguna bagi makhluk hidup lain

Manfaat cahaya matahari tidak hanya terasa bagi manusia. Di samping berperan sebagai sumber energi alternatif dan penunjang kesehatan untuk Anda, hewan dan tumbuhan juga akan diuntungkan dengan sinar matahari. Bagaimana bisa? 

Dengan adanya cahaya matahari, berbagai spesies hewan bisa menghangatkan tubuh mereka. Fungsi ini sangatlah penting untuk hewan berdarah dingin yang tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri, seperti reptil. Jadi, mereka harus mengandalkan matahari. 

Selain itu, tumbuhan juga membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen dan sumber makanan bagi mereka sendiri serta spesies makhluk hidup lainnya.

 

Bagaimana, Anda sudah memahami betapa bergunanya cahaya matahari untuk diri sendiri sekaligus ekosistem alam? Kabar baiknya, Anda juga bisa memperoleh pasokan listrik yang tidak kunjung habis, sekaligus menikmati manfaat sinar matahari sebagai sumber energi alternatif terbarukan dengan memasang PLTS Atap. 

Jika Anda sudah mengetahui serba-serbi PLTS Atap dan memperhitungkan kapasitas yang dibutuhkan dengan kalkulator surya, Anda bisa langsung mencari vendor penyedia PLTS melalui direktori SolarHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *