Social Media

Monday, May 27, 2024

Unik, 7 Panel Surya Ini Diubah Jadi Karya Seni!

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas panel surya sedang meningkat. Menurut data dari Indonesia Solar Energy Outlook (ISEO) 2023, kapasitas pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) meningkat jadi 63,5 MWp pada September 2022 dari 43,9 MWp pada 2021. Tren ini juga mendunia karena secara global, kapasitas solar panel tumbuh dari hanya 5 GigaWatt pada 2005 menjadi sekitar 940 GigaWatt pada 2021.

Ditambah dengan berkembangnya kecanggihan teknologi, pemanfaatan solar panel pun jadi semakin beragam. Tidak hanya digunakan sebagai PLTS semata, beberapa panel surya bahkan berhasil diubah menjadi karya seni.

7 Karya Seni yang Terbuat dari Panel Surya

Inspirasi untuk menciptakan karya seni bisa datang dari mana saja, termasuk dari solar panel yang selama ini dikenal sebagai salah satu bentuk pemanfaatan sumber energi terbarukan. Beberapa instalasi karya seni berikut ini adalah buktinya.

  • La Monarcha

Karya seni rancangan Cruz Ortiz ini menggunakan SolarSkin, sebuah lapisan film yang dapat mengubah panel surya menjadi kanvas. Hebatnya, SolarSkin dirancang sedemikian rupa agar pelaku seni bisa menggunakan kanvas tersebut tanpa mengganggu performa sistem dari solar panel. 

Dari sinilah lahir La Monarcha, instalasi seni dalam bentuk empat panel berukuran 6×6 inci setinggi kurang lebih 3,3 meter, yang dipasang di San Antonio, Texas, Amerika Serikat. Proyek spesial ini merupakan inisiatif dari land Art Generator Solar Mural yang ingin meningkatkan awareness terhadap energi terbarukan melalui karya seni.

  • Sonic Bloom

Di Seattle, Washington, Amerika Serikat, terdapat menara tinggi bernama Space Needle yang menjadi ikon kota. Nah, di salah satu areanya, Anda bisa menemukan deretan “bunga” raksasa yang ditenagai oleh sinar matahari. Memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan kelopak selebar 6 meter, bunga buatan rancangan Dan Corson ini dilengkapi 270 panel surya berkapasitas 4 Watt yang terpasang pada bagian atas.

Dikenal dengan nama Sonic Bloom, bunga-bunga ini akan menyala dalam warna-warni memukau selama lima jam setiap malam. Tak jauh dari Sonic Bloom berada, tepatnya di dalam Pacific Science Center, Anda juga bisa menemukan informasi real-time tentang jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh Sonic Bloom.

 

  • Solar Intersections

Masih di Amerika Serikat, tepatnya di wilayah Davis, California, terdapat karya seni bernama Solar Intersections yang juga memanfaatkan solar panel. Dibangun pada 1989, instalasi seni buatan Robert Behrens ini merupakan pilar-pilar setinggi kurang-lebih 21 meter yang terbuat dari baja. Setiap pilar dicat menggunakan perekat khusus dan dilapisi dengan solar panel. 

Selama pagi hingga sore hari, Solar Intersections terlihat berwarna putih polos biasa, tapi akan berubah jadi warna-warni menarik setelah mendapat aliran tenaga listrik dari solar panel yang dipasang.

  • Solar Peace Sculptures

Pada 1958, seniman Geral Holtom menciptakan simbol perdamaian (peace) setelah pelucutan senjata nuklir resmi dilakukan. Cerita inilah yang menjadi inspirasi Fred George dalam membuat Solar Peace Sculptures, sebuah karya seni yang terdiri dari beberapa barel minyak daur ulang. Tiap barel dipasangi solar panel yang dibentuk menyerupai simbol peace tersebut.

Agak berbeda dari sejumlah karya seni sebelumnya, Solar Peace Sculptures tidak berdiri di satu tempat tetap. Karya seni setinggi 17,6 meter ini berpindah ke berbagai tempat untuk menyebarkan awareness—terutama kepada anak muda—terhadap energi terbarukan. Kerennya lagi, sinar matahari yang diserap oleh Solar Peace Sculptures dapat disalurkan sebagai energi listrik ke jaringan kota tempat ia berada.

  • Solar Sun-Catcher

Bernama Solar Sun-Catcher, karya seni satu ini terbuat dari aluminium daur ulang dengan panel lucite berwarna kuning terang. Melalui panel surya yang terpasang, Solar Sun-Catcher menghasilkan energi listrik dari sinar matahari untuk menerangi instalasi seni sekaligus mengalirkannya ke jaringan listrik Kota Clearwater, Florida, Amerika Serikat—tempat Solar Sun-Catcher berada.

Didesain oleh Deedee Morrison bersama studionya, Morrison Studion, instalasi Solar Sun-Catcher dibangun sebagai bagian dari program seni Sculpture360 yang ada di Florida. Program ini diadakan oleh Program Seni dan Desain Publik Clearwater, yang bekerja sama dengan Downtown Development Board.

  • The Ra

Seorang seniman asal Belanda, Marjan van Aubel, menyusun sel-sel fotovoltaik warna-warni dalam pola geometrik hingga tercipta karya seni solar panel yang bisa dipajang di rumah. Van Aubel memberi nama Ra, yang diambil dari nama Dewa Matahari Mesir Kuno. 

Dengan ketebalan kurang dari 1 mm, Ra memiliki desain tembus pandang dan dapat dipasang pada jendela, sehingga akan menghasilkan bayangan artistik pada dinding sekitarnya seiring dengan perubahan cahaya sepanjang hari.

  • Shala. 

Selama ini, kebanyakan panel surya dipasang di atap bangunan tanpa terlalu memikirkan aspek estetika. Menyadari hal tersebut, seniman bernama Shala Akintunde (Shala.) pun melakukan berbagai proyek seni dengan melibatkan solar panel; salah satunya termasuk melukis mural pada permukaan panel surya.

Dengan menciptakan seni indah pada produk yang menghasilkan energi listrik, Shala. percaya hal tersebut bisa menarik perhatian lebih banyak orang untuk menggunakan energi terbarukan. Itulah kenapa kini ia juga menerima komisi untuk mengerjakan mural pada solar panel

 

Betapa kreatifnya seniman-seniman di atas dalam mengubah panel surya menjadi bentuk karya seni indah. Hal ini tidak terlepas dari akses ke solar panel yang semakin tahun semakin mudah. Bahkan jika Anda ingin menggunakan solar panel untuk PLTS Atap di rumah, Anda bisa dengan mudah mencari jasa pemasangan panel surya terdekat melalui direktori SolarHub.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan kalkulator SolarHub untuk menghitung kebutuhan panel surya yang sebaiknya Anda pasang. Bersama SolarHub, memasang solar panel di rumah jadi semakin praktis dan mudah!

 

Referensi:

https://byshala.com/solarart

https://www.dezeen.com/2022/01/26/ra-marjan-van-aubel-tapestry/

http://jpsolar.com/2020/07/15/3-amazing-art-installations-inspired-by-solar-energy/

https://cleantechnica.com/2013/05/08/11-must-see-art-installations-inspired-by-solar-panels/

https://www.thecoolist.com/solar-bulb-installations/

https://www.thecivilengineer.org/news/art-in-photovoltaics-world-s-first-solar-panel-mural-installation-is-a-reality

https://iesr.or.id/memacu-pemanfaatan-energi-surya-di-indonesia 

https://www.statista.com/topics/993/solar-pv/#topicOverview

https://www.solarfeeds.com/mag/the-sun-catcher-solar-light-sculpture/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *