Social Media

Saturday, July 20, 2024

Solar Window: Teknologi Panel Surya Masa Depan?

Isu krisis iklim atau yang lebih dikenal sebagai global warming sudah semakin gawat seiring bertambahnya tahun. Hal itu ternyata juga beriringan dengan inovasi panel surya yang kian banyak dikembangkan oleh ilmuwan di berbagai negara. Salah satu inovasinya adalah solar window, sebuah jendela yang juga bisa berfungsi sebagai panel surya. Lalu, bagaimana perkembangan teknologi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Sejarah Perkembangan Solar Windows

Meski mungkin saja istilah panel surya dan solar window baru terdengar beberapa tahun belakangan, sebenarnya keberadaannya telah ada sejak 1980-an. Saat itu, jendela-jendela yang juga berfungsi sebagai penangkap energi matahari kemudian dilapisi dengan amorphous silicon, salah satu bahan yang mirip dengan pelapis panel surya di atap-atap rumah. Namun, karena bahannya sangat tipis, solar windows dengan bahan tersebut ternyata kurang efisien dalam menghasilkan energi listrik.

Seiring bertambahnya tahun, jenis bahan pelapis photovoltaic pun berkembang dan menyajikan berbagai pilihan potensial untuk solar window. Meski begitu, beberapa di antaranya juga ada yang kurang stabil, sulit untuk diproduksi, atau sekadar tidak efisien dari segi penyerapan energi seperti yang terjadi pada amorphous silicon. Hingga akhirnya hadirlah perovskit yang sangat tipis dan efisien dalam memproduksi listrik.

Bagaimana Cara Kerja Jendela Panel Surya?

Sama halnya seperti panel surya yang kita ketahui menempel di atas atap-atap perumahan, solar window juga bekerja dengan cara serupa. Jendela panel surya ini menangkap sinar matahari, menyimpan, dan mengubahnya menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, solar window bisa bekerja dengan lebih menguntungkan karena Anda tidak harus memasang black solar panel di atas atap. Meski begitu, pemasangan jendela panel surya sampai saat ini belum bisa ditujukan untuk perumahan biasa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kerja sama sebentar lagi akan terjadi antara perusahaan dengan produsen kaca untuk hunian.

Keuntungan dari Jendela Panel Surya

Sebagai alternatif dari black solar panel yang umumnya dipasang di atap-atap rumah, apa yang ditawarkan oleh jendela panel surya ini sehingga memiliki nilai lebih bagi pengguna? Faktor utama yang penting untuk diingat adalah Anda jadi tak perlu memasang lapisan tebal tersendiri di bagian rumah atau kantor, melainkan cukup melapisi kaca jendela Anda dengan bahan khusus yang dapat berfungsi sebagai panel surya. Bahan khusus tersebut adalah kaca photovoltaic yang dapat menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Selain bisa menyimpan energi tersebut untuk digunakan di lain waktu, jendela panel surya juga dapat mengurangi kadar ultraviolet yang masuk ke dalam hunian. Bahkan, Anda juga akan memiliki suhu ruangan yang lebih dingin daripada biasanya, risiko silau berkurang, privasi meningkat karena terdapat lapisan yang mengaburkan pandangan, biaya instalasinya lebih murah, dan yang jelas Anda turut berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, tanpa perlu berkorban dari segi kenyamanan. Menarik, bukan?

Bagaimana Perkembangannya Saat Ini?

Karena ini masih tergolong inovasi baru, solar window kemungkinan besar belum memasuki pasar Indonesia. Akan tetapi, Ubiquitous Energy selaku perusahaan yang berfokus di produksi jendela panel surya mengatakan bahwa mereka akan membangun gedung pencakar langit sebagai produsen energi listrik terbarukan yang cukup potensial. Bahkan, salah satu perusahaan asal California pun ingin mewujudkan hal serupa per 2024 nanti.

Tak berhenti di Amerika, Eropa juga membuka diri terhadap teknologi canggih berupa solar window ini. Perusahaan asal Belanda, Physee, mengaku sedang memasang sekitar 15.000 smart windows di berbagai perusahaan yang dapat memangkas 30% biaya listrik. Lalu, salah satu sekolah di Denmark juga telah menerapkan 12.000 solar windows di seluruh bangunannya sehingga bisa menghasilkan energi listrik mencapai separuh dari total kebutuhan.

Melihat penjelasan mengenai jendela panel surya tersebut, semoga teknologi ini bisa segera diterapkan di berbagai tempat dengan biaya yang terjangkau dan instalasi yang mudah. Sebelum waktu itu tiba, Anda sendiri sudah bisa mulai memanfaatkan energi terbarukan dengan memasang PLTS Atap untuk kebutuhan listrik rumah tangga Anda.

Dengan kalkulator surya SolarHub, Anda bisa menghitung kebutuhan kapasitas panel surya untuk hunian maupun gedung perkantoran. Setelah mengetahui daya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda, masuklah ke laman SolarHub untuk mencari vendor pemasangan PLTS Atap terdekat di sekitar Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *