Social Media

Monday, May 27, 2024

Peranan Listrik Tenaga Surya untuk Bantuan Bencana Alam

Berdasarkan hasil penemuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 95% dari total 3.207 bencana alam yang tercatat di Indonesia pada tahun 2022 disebabkan oleh cuaca ekstrem, di antaranya banjir dan tanah longsor. Saat peristiwa itu terjadi, tentunya para korban yang terdampak bencana alam sangat membutuhkan berbagai macam bantuan, mulai dari makanan, pakaian, obat-obatan, tempat tinggal sementara, sampai tenaga listrik.

Terkadang bencana alam memang bisa memutus aliran listrik. Itulah yang membuat listrik tenaga surya memiliki peranan penting dalam proses recovery pasca bencana. Lantas, seperti apakah contoh penggunaannya? Berikut penjelasannya beserta kelebihan menggunakan panel tenaga surya saat bencana alam terjadi!

3 Teknologi Listrik Tenaga Surya untuk Bantuan Bencana Alam

Hilangnya akses ke aliran listrik memang menyulitkan manusia dalam beraktivitas. Itulah mengapa teknologi listrik tenaga surya diperlukan karena adanya tiga manfaat berikut.

  1. Penjernih air tenaga surya

Kebutuhan dasar manusia itu salah satunya adalah air. Namun, mengingat para korban bencana sedang berada di tempat evakuasi, mendapatkan air bersih mungkin tak semudah ketika mereka di rumah. Itulah mengapa pemasok energi listrik tenaga surya untuk menghasilkan air bersih sangat diperlukan.

  1. Generator listrik cadangan

Bencana alam yang terjadi di daerah tertentu kadang berdampak hingga ke daerah tetangga. Beberapa rumah hingga bangunan publik pastinya perlu pasokan listrik cadangan supaya bisa tetap menjalankan aktivitasnya. Hal ini bisa tersedia apabila ada panel surya yang mampu menyimpan tenaga dari sinar matahari untuk dipakai pada saat-saat genting.

  1. Pompa air dengan panel tenaga surya

Kebutuhan air bersih tak hanya untuk aktivitas makan dan minum, melainkan juga mandi. Dengan memanfaatkan teknologi listrik tenaga surya, urusan air jadi mudah karena ini bisa dialirkan ke bagian pompa air. Sehingga, para korban bencana bisa melakukan kegiatan Mandi Cuci Kakus (MCK) meski tengah dievakuasi.

Kelebihan Panel Tenaga Surya untuk Bantuan Bencana Alam

Teknologi listrik tenaga surya memang banyak berguna saat bencana alam melanda. Di samping itu, masih ada banyak kelebihan yang membuat panel surya ini benar-benar worth it.

  1. Mudah diangkut ke mana pun

Bencana alam bisa terjadi di mana saja dan tempat-tempat tersebut belum tentu mudah dijangkau. Akan tetapi, panel surya yang modern sudah bisa digulung seperti karpet sehingga mempermudah proses perpindahannya ke berbagai lokasi.

  1. Kokoh dan tahan lama

Kelebihan lainnya dari teknologi listrik tenaga surya adalah daya tahannya yang teruji. Dibandingkan dengan pemasok listrik sumber energi lainnya, panel surya memiliki ketahan mencapai 25 tahun lebih dengan masa pakai baterai hingga 5 tahun. Perawatannya pun simpel karena tak perlu mengganti oli dan perangkat lainnya secara rutin.

  1. Dapat disesuaikan dengan kondisi

Selain mudah dibawa ke berbagai tempat, panel surya juga mudah disesuaikan di berbagai kondisi. Ingin melakukan pemasangan di atap atau di tanah? Semuanya bisa! Baterainya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tegangannya pun bisa diatur karena ada pengontrol di dalamnya.

  1. Lebih ramah lingkungan dan senyap

Satu lagi kelebihan teknologi listrik tenaga surya yang dirasakan adalah lebih ramah lingkungan dan senyap. Karena memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi listrik, pastinya alat ini tidak menghasilkan karbon dioksida ke udara. Selain itu, panel surya juga tidak mengeluarkan suara berdengung yang dapat mengganggu kenyamanan para korban bencana di tempat evakuasi.

 

Sudah paham bagaimana pentingnya teknologi listrik tenaga surya untuk bencana alam? Meski kesannya bencana alam terjadi begitu saja, tapi nyatanya bencana alam banyak yang dipicu oleh krisis iklim. Maka dari itu, untuk meminimalkan krisis iklim atau yang lebih dikenal dengan global warming, Anda dapat mulai beralih ke sumber energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, misalnya PLTS Atap.

Jika Anda tertarik dengan pemasangan PLTS Atap, jangan lupa untuk lakukan kalkulasi kebutuhan kapasitas panel surya dengan memanfaatkan kalkulator di sini. Lalu, temukan vendor instalasi sistem PLTS Atap terdekat melalui SolarHub. Mari kita bersama menjaga bumi dari kerusakan lingkungan!

 

Referensi:

https://iesr.or.id/aktivitasmu-menyumbang-pemanasan-global-bagaimana-bisa

https://www.weforum.org/agenda/2018/05/how-solar-power-is-impacting-natural-disaster-relief

https://www.watsonschargingstations.com/blog/2023/february/the-role-of-solar-power-in-disaster-relief-and-e/

https://thesolarlabs.com/ros/the-role-of-solar-energy-in-disaster-relief-and-emergency-power/

https://www.greenmatters.com/renewables/2018/05/08/1ciiuh/solar-power-relief

https://supergreensolutions.com/how-solar-power-helps-with-disaster-resilience/

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *