Social Media

Monday, May 27, 2024

Mengenal Solar Cooking, Tren Memasak dengan Panel Surya

Penerapan teknologi panel surya kini sudah sangat beragam, mulai dari charging station untuk kendaraan listrik hingga pembangkit listrik tenaga surya mandiri untuk kebutuhan rumah tangga. Salah satu tren penggunaan tenaga surya untuk rumah tangga yang sedang populer belakangan ini adalah solar cooking. Bagaimanakah konsep dasarnya dan apa saja manfaatnya?

Apa Itu Solar Cooking?

Penggunaan energi matahari sebagai sumber listrik memang sudah dikenal cukup lama. Tapi, tahukah Anda bahwa kini ada yang disebut sebagai solar cooking? Solar cooking adalah teknik memanfaatkan energi surya sebagai pengganti bahan bakar minyak untuk memasak. Jadi, Anda bisa membuat berbagai jenis makanan berbekal sinar matahari saja. Bagaimana caranya?

Cara Kerja Solar Cooking

Memasak menggunakan sumber energi surya bukan berarti Anda harus mengeluarkan panci atau teflon dan membuat telur mata sapi di bawah teriknya sinar matahari. Solar cooking memerlukan peralatan yang lebih kompleks lagi dari itu. Sehingga, sinar matahari dapat disimpan untuk memastikan masakan Anda matang sampai proses terakhir.

4 Jenis Perangkat untuk Solar Cooking

Nah, perangkat solar cooking itu pun sudah tersedia dalam berbagai jenis. Berikut adalah empat contohnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Box cooker

Perangkat solar cooking yang pertama adalah box cooker. Sesuai namanya, alat ini berbentuk kotak dengan kaca dan piringan hitam di baliknya untuk menjaga panas supaya tetap tersimpan di dalam. Jika matahari sedang terik-teriknya, box cooker ini bisa menghasilkan suhu hingga 150 derajat Celcius. Tertarik untuk masak dengan alat ini?

  1. Parabolic cooker

Ketika Anda sedang camping atau naik gunung, kompor dan gas biasanya jadi perlengkapan yang dibawa untuk memenuhi kebutuhan pangan. Namun, daripada membawa kompor gas yang dapat berdampak pada risiko krisis iklim, alangkah baiknya bila Anda mulai mengenal parabolic cooker.

Alat ini bentuknya seperti antena parabola dengan permukaan yang mengkilap untuk menangkap energi matahari tersebut dan mengubahnya supaya bisa mematangkan masakan. Pemakaian alat ini cukup mudah dan panasnya bisa mencapai 300 derajat Celcius.

  1. Solar panel cooker

Ada lagi perangkat solar cooking yang disebut solar panel cooker. Dibandingkan dua alat sebelumnya, tools ini memang lebih mudah dan tak bisa dipakai untuk menggoreng. Akan tetapi, Anda tetap bisa memasak sup atau memanggang sesuatu. Cukup gunakan panci berwarna gelap agar suhu panasnya dapat terjaga dengan baik di dalam.

  1. Tabung vakum

Terakhir, ada tabung vakum yakni alat memasak berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat ruang untuk menempatkan bahan masakan Anda. Lapisannya yang terbuat dari kaca membuat alat ini tak akan kehilangan sumber panas, apalagi ketika Anda memasukkan bahan makanan ke dalam tabung.

3 Kelebihan Memasak dengan Panel Surya

Memasak dengan panel surya adalah pilihan yang baik karena Anda bisa memaksimalkan potensi alam sekaligus mengurangi risiko krisis alam. Berikut tiga kelebihan lainnya yang membuat Anda akan makin yakin beralih ke solar cooking.

  1. Lebih aman dan praktis

Alasan pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memasak adalah segi keamanannya. Dengan menggunakan solar cooking, Anda tak perlu takut terpapar api atau tegangan listrik secara langsung. Selain itu, Anda juga tidak harus mencari kayu bakar atau membeli tabung gas terlebih dahulu.

  1. Bisa digunakan di mana saja selama ada sinar matahari

Memasak dengan gas atau api mudahnya dilakukan di rumah atau tempat yang stabil. Akan tetapi, berbeda dengan solar cooking yang memungkinkan dibawa ke mana pun. Jadi, Anda bisa tetap produktif meski berada di gunung, di tempat camping, di lokasi evakuasi, hingga di lokasi-lokasi yang melarang penggunaan api.

  1. Tidak menghasilkan asap

Salah satu kekurangan saat memasak menggunakan kayu bakar dan kompor jadul adalah asapnya yang mengepul begitu pekat. Namun, hal ini bisa dihindari bila Anda memilih alat solar cooking. Dengan begitu, tidak perlu khawatir sekeliling Anda terganggu atau bau pakaian menjadi kurang fresh setelah memasak.

 

Solar cooking merupakan inovasi panel surya yang canggih di segi masak-memasak. Tidak hanya memasak, Anda juga bisa menggunakan panel surya untuk berbagai aktivitas keseharian di rumah dengan memasang PLTS Atap.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengestimasi kapasitas panel surya dengan kalkulator surya. Lalu, carilah vendor instalasi PLTS Atap terdekat di kota mereka melalui SolarHub.

 

Referensi:

https://www.advnture.com/features/solar-cooking

https://solarpower.guide/cooking-with-solar-energy

https://www.thervgeeks.com/cooking-with-solar/#are-there-different-types-of-solar-cookers

https://www.lgcypower.com/cooking-using-solar-power/

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *