Social Media

Monday, May 27, 2024

Benarkah Tenaga Surya Bisa Gantikan Bahan Bakar Fosil Sepenuhnya?

Akhir-akhir ini, mulai banyak kampanye tentang penggunaan sumber energi terbarukan untuk mengganti bahan bakar fosil, misalnya saja dengan menggunakan tenaga surya. Sebab, berdasarkan data dari BloombergNEF dalam IESR, energi terbarukan dari cahaya matahari dan angin merupakan yang paling ekonomis bagi ⅔ populasi dunia. Memangnya, apa kelebihan tenaga surya dibanding bahan bakar fosil?

Kelebihan tenaga surya dibandingkan bahan bakar fosil

Dalam hal ini, konteks tenaga surya yang digunakan adalah untuk PLTS Atap. Ternyata, pemanfaatan tenaga surya ini punya beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

1. Tersedia melimpah

Bahan bakar fosil tentunya memiliki jumlah ketersediaan yang terbatas jika dibandingkan energi terbarukan. Matahari, angin, dan air adalah tiga contoh energi terbarukan yang keberadaannya melimpah dan bersifat renewable (dapat diperbaharui). Kemungkinan punah atau menipisnya sumber energi terbarukan juga masih jauh dari jangkauan manusia.

2. Menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah

Kelebihan tenaga surya yang berikutnya adalah emisinya jauh lebih rendah daripada bahan bakar fosil. Bahkan, dalam proses menghasilkan energi, tenaga surya tak menghasilkan emisi apa pun yang berakibat pada naiknya suhu permukaan bumi. Sehingga, risiko krisis iklim pun dapat diminimalisir.

3. Lebih ramah di kantong

Selain ketersediaan yang melimpah dan emisinya lebih rendah, tenaga surya juga lebih ramah kantong. Sebab, Anda tidak perlu membayar energi yang berasal dari cahaya matahari. Akan tetapi, Anda mungkin membutuhkan pemasangan PLTS Atap di awal yang sifatnya modular dan customizable. Sehingga, penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan listrik dan kemampuan investasi Anda terhadap energi terbarukan ini.

4. Accessible

Jika bahan bakar fosil mesti dihasilkan dan didistribusikan oleh perusahaan-perusahaan tertentu, tenaga surya yang menjadi sumber energi terbarukan bisa Anda nikmati secara langsung di rumah Anda. Pemasangan PLTS Atap yang memanfaatkan sinar matahari tidak membutuhkan lahan baru sehingga lebih mudah dipasang, diaplikasikan, dan diakses oleh pemiliknya.

5. Legal

Keuntungan lain dari pemanfaatan tenaga surya sebagai pengganti bahan bakar fosil adalah legalitasnya yang sudah diakui oleh PLN. Sehingga, Anda dapat memasang panel surya on-grid maupun off-grid sesuai kebutuhan. Hal ini turut didukung oleh fakta bahwa pemerintah Indonesia sendiri memiliki target penggunaan panel surya hingga 3,6 GW pada 2025 mendatang. 

Rencana pemerintah Indonesia mengenai listrik tenaga surya

Seperti yang disebutkan di atas, rencana pemerintah Indonesia akan pemanfaatan energi terbarukan berupa PLTS Atap tampaknya cukup serius dengan berbagai goals untuk beberapa tahun mendatang. Semisal untuk tahun 2025, pemerintah menargetkan angka 3,6 GW berdasarkan IESR dan 5,3 GW pada 2030 berdasarkan CNBC Indonesia.

Bahkan, ada rencana jangka panjang yang telah disampaikan oleh PLN terkait PLTU Batu Bara. Dalam draf RUPTL yang baru, tertulis rencana nol emisi pada 2060 atau lebih cepat. Untuk mendukung hal tersebut, harapannya PLTU Batu Bara sudah bisa dipensiunkan pada 2056 agar dapat memberikan ruang lebih bagi energi terbarukan.

Jadi, bisakah tenaga surya gantikan bahan bakar fosil?

Melihat target pemerintah Indonesia yang cukup ambisius untuk tahun 2060 mendatang, artinya peralihan bahan bakar fosil ke tenaga surya ini mungkin dicapai meski dalam waktu yang cukup lama. Butuh kesadaran dan pengaplikasian secara makro agar target zero emission bisa tercapai. Untuk itu, Anda bisa turut ambil bagian dengan menggunakan PLTS Atap guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa menggantikan bahan bakar fosil dengan tenaga surya itu tidak mustahil untuk dilakukan. Selain itu, hal ini juga akan lebih bermanfaat karena tidak berdampak buruk bagi lingkungan berkat bahan bakunya yang berasal dari sumber ramah lingkungan.

Nah, jika Anda juga tertarik beralih ke sumber energi terbarukan untuk menyelamatkan dunia dari dampak buruk perubahan iklim, lakukan pemasangan PLTS Atap segera! Anda bisa mencari penyedia jasa pemasangan PLTS terdekat lewat website resmi SolarHub! Let’s make the world a better place!

 

Referensi:

 

https://iesr.or.id/en/annual-report

https://iesr.or.id/mengejar-dan-menjaga-momentum-kenaikan-energi-surya

https://iesr.or.id/apakah-rencana-indonesia-dalam-melepas-pltu-batubara-cukup-ambisius

https://iesr.or.id/dukungan-regulasi-kunci-akselerasi-energi-surya

https://iesr.or.id/download/apa-kata-mereka-testimoni-pengguna-plts-atap-di-jawa-tengah

https://www.solopos.com/kekurangan-listrik-energi-fosil-dibanding-listrik-dari-panel-surya-1411372

https://synteksolar.co.id/5-fakta-energi-fosil-vs-terbarukan/

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210218180119-4-224450/cuma-dari-plts-emisi-karbon-bisa-turun-8-juta-ton-di-2030

https://ebtke.esdm.go.id/post/2021/09/02/2952/indonesia.kaya.energi.surya.pemanfaatan.listrik.tenaga.surya.oleh.masyarakat.tidak.boleh.ditunda

https://solarkita.com/blog/bisakah-energi-surya-menggantikan-energi-fosil-sepenuhnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *