Social Media

Monday, May 27, 2024

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang Panel Surya untuk Rumah

Banyak orang yang mulai memilih memasang panel surya untuk rumah agar tagihan listrik lebih hemat. Di samping itu, pemasangan ini juga akan membawa dampak baik bagi lingkungan karena emisi karbon akan berkurang sehingga panas bumi pun tak makin bertambah. Jika Anda juga berpikir demikian, perhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum memasang panel surya!

6 Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang panel surya

Sebelum memasang panel surya yang memanfaatkan salah satu energi terbarukan, ada beberapa hal yang mesti Anda cermati. Mari simak agar tidak salah langkah!

1. Daya listrik rumah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kapasitas listrik di rumah. Semisal daya listrik di rumah Anda adalah 3500 Watt, maka daya panel surya yang boleh dipasang di rumah Anda maksimal adalah 100% dari daya listrik terpasang tersebut. Peraturan ini telah ditetapkan dalam Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2021.

Dengan adanya peraturan tersebut, artinya pemanfaatan surya atap hanya bisa dimanfaatkan untuk penggunaan sehari-hari dan tidak diperjualbelikan secara bebas. Sebab, ada isu yang sempat mencuat di masyarakat bahwa pemasangan panel surya dikhawatirkan bisa menjadi ladang bisnis untuk menggantikan kehadiran PLN.

2. Jenis panel surya

Sebelum memasang panel surya untuk rumah, Anda juga mesti memperhatikan jenis panel surya yang akan dipilih. Misalnya, ada bahan Monocrystalline yang banyak diaplikasikan pada bangunan residensial karena harganya yang terjangkau dengan efisiensi cukup baik. Selain itu, ada juga Polycrystalline dan Thin film yang memiliki keunggulan masing-masing.

3. Kekuatan struktur atap

Berikutnya, Anda juga perlu melihat kembali kekuatan struktur atap sebelum memasang panel surya untuk rumah. Jika rangka atap rumah Anda masih menggunakan bahan kayu, sebaiknya mulailah beralih ke baja ringan. Tujuannya tidak lain agar rangka atap lebih kokoh saat harus menopang berat panel surya.

4. Lokasi panel surya

Memasang panel surya untuk rumah memang tidak memerlukan lahan baru atau khusus saat pengaplikasiannya. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan lokasi pemasangan panel surya. Jangan sampai posisinya malah tertutup bayangan dari gedung maupun pepohonan sekitar karena akan mengurangi efektivitasnya dalam menyerap sinar matahari sebagai sumber energi.

Penyedia jasa pemasangan panel surya yang baik biasanya akan melakukan survei terlebih dahulu ke lokasi untuk menghindari kesalahan pemasangan akibat tertutup bayangan. Survei ini juga bertujuan mengukur luasan atap yang diperlukan untuk memasang panel surya untuk rumah. Sebagai patokan, Anda perlu menyediakan sekitar 2,5 m2 untuk kapasitas panel surya 1.000 Watt.

5. Orientasi panel surya

Arah orientasi panel surya untuk rumah juga mesti diperhatikan. Supaya punya daya serap yang maksimal akan cahaya matahari, Anda bisa memasangnya ke arah garis khatulistiwa. Itu artinya, jika Anda berada di wilayah Jawa, Madura, Bali, NTT, NTB, serta sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, arah pemasangan sebaiknya condong 15 derajat ke Utara.

Sementara itu, bagi Anda yang tinggal di sebagian daerah Sumatera, Kalimantan, dan Maluku, pengaplikasian panel surya ini sebisa mungkin diarahkan condong 15 derajat ke Selatan. Jika tidak bisa mengikuti ketentuan tersebut, sebenarnya panel surya tetap masih bisa berfungsi, tapi dengan tingkat efektivitas yang berbeda.

6. Penyedia jasa

Terakhir, perhatikan penyedia jasa pemasangan panel surya yang akan Anda pilih. Usahakan Anda mencari yang profesional serta sudah berpengalaman dalam hal ini. Akan lebih baik lagi jika Anda berhasil menemukan penyedia jasa pemasangan panel surya untuk rumah yang memberikan garansi produk serta pengaplikasiannya. Tenang saja karena kini sudah tersedia banyak pilihan penyedia jasa pemasangan panel surya di Indonesia.

Nah, itulah tujuh hal yang mesti diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memasang panel surya untuk rumah. Jika sudah membulatkan tekad dan melakukan tujuh tips di atas, Anda bisa cari jasa pemasangan panel surya terdekat lewat website SolarHub. SolarHub adalah platform penghubung antara penyedia dan calon pengguna panel surya, sehingga Anda bisa menemukan yang tepat dan tentunya terdekat dengan lokasi Anda saat ini.

 

Referensi:

https://iesr.or.id/apa-itu-energi-surya-dan-bagaimana-pengembangannya-di-indonesia

https://www.sunterra.id/7-hal-berikut-sebelum-pasang-panel-surya/

https://elektrina.co.id/hal-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-memasang-solar-power/

https://xurya.com/news/5-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-pemasangan-panel-surya-22

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/07/202525221/sebelum-pasang-plts-atap-di-rumah-lakukan-3-langkah-penting-ini?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *