Social Media

Monday, May 27, 2024

Cara Mudah Rawat Panel Tenaga Surya agar Awet

Memasang panel surya di atap rumah Anda bukanlah tahap akhir. Setelah memasang PLTS Atap, Anda masih harus melakukan perawatan sederhana agar panel surya tetap awet. Perawatan ini juga bertujuan agar panel surya tetap efisien dalam menyerap cahaya matahari dan menghasilkan tenaga listrik untuk rumah. Memangnya, bagaimana cara merawat panel tenaga surya secara tepat?

6 Tips merawat panel tenaga surya agar awet

Agar panel surya yang terpasang di atap Anda selalu awet dalam menghadapi berbagai macam cuaca, ada enam tips yang harus Anda lakukan. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Bersihkan dari debu dua minggu sekali

Karena posisinya yang berada di atap rumah, risiko panel surya cepat kotor itu cukup tinggi. Mulai dari debu, kotoran, sampai sampah, semuanya bisa Anda temukan jika perawatan tidak dilakukan secara rutin. Kotoran-kotoran tersebut dapat memengaruhi efektivitas panel tenaga surya saat menyerap dan menghasilkan energi. Maka dari itu, membersihkannya sebanyak dua minggu sekali bisa jadi pilihan ideal bagi Anda.

2. Gunakan air bersih

Tips membersihkan panel surya yang berikutnya adalah dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel di permukaan panel surya tidak makin bertambah banyak, apalagi jika panel surya terkena hujan dan Anda membiarkan permukaannnya mengering dengan sendirinya.

Hal semacam itu tentu akan membuat panel surya mempunyai kondisi yang tidak lebih baik dari sebelumnya. Sebab, meski sering terkena guyuran air hujan, panel surya tetap tidak bisa bersih dengan sendirinya. Maka dari itu, Anda mesti rutin membersihkannya sekaligus mengelapnya.

3. Jangan menggunakan sikat yang kasar

Tidak cukup diguyur dengan air bersih saja, perawatan panel surya juga harus dilakukan dengan bantuan sikat atau kain. Anda bisa menggunakan kanebo maupun kain pel yang teksturnya cukup halus sehingga tidak akan menggores permukaan panel surya. Pasalnya, goresan di permukaan panel surya dapat menyebabkan turunnya efektivitas penyerapan sumber energi terbarukan sehingga daya listrik yang diproduksi menjadi kurang maksimal.

4. Jangan biarkan air mengendap

Tips membersihkan panel surya yang keempat adalah jangan biarkan air mengendap. Seperti yang dijelaskan tadi, air yang mengenai permukaan panel surya harus segera dikeringkan dengan cara dilap menggunakan kain. Itu artinya, panel surya juga tidak disarankan terkena air sabun sampai mengering dengan sendirinya. Hal ini justru dapat meninggalkan noda pada permukaan panel tenaga surya.

5. Cari waktu yang tepat

Karena penempatannya ada di luar ruangan dan biasanya menyatu dengan atap rumah, sebaiknya jangan membersihkan panel surya pada siang hari. Selain cuaca panas yang kurang baik bagi kesehatan Anda, terik matahari juga dapat membuat permukaan panel surya jadi cepat kering apabila terkena air. Nantinya, hal ini malah dapat menimbulkan banyak bercak karena air belum sempat diseka menggunakan lap.

Waktu perawatan panel tenaga surya yang tepat adalah pada saat pagi atau sore hari. Jika Anda ingin membersihkan pada pagi hari, sebaiknya maksimal pada pukul 10.00 atau 11.00, mengingat suhu sudah mulai tinggi pada jam tersebut. Lalu, untuk pembersihan pada sore hari, Anda bisa mulai pada pukul 16.00 sampai 18.00 setelah suhu relatif turun dan sebelum keadaan benar-benar gelap.

6. Perhatikan keamanan Anda

Selain lima hal di atas, keamanan saat membersihkan panel surya juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Caranya, gunakan alat bantu yang memadai untuk membersihkan permukaannya. Anda juga mesti mematikan sistem sebelum melakukan pembersihan. Supaya keamanan dan kebersihan lebih terjamin, Anda bisa memanfaatkan jasa profesional yang tidak hanya bersedia melakukan penginstalan, melainkan juga perawatan panel surya.

Kini, Anda sudah tahu pentingnya merawat panel tenaga surya, bukan? Selain berpengaruh terhadap efektivitasnya dalam menyerap cahaya matahari dan menghasilkan energi listrik, pembersihan panel surya yang dilakukan secara rutin juga dapat memperpanjang usia pakainya. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar PLTS Atap, baik pengaplikasian maupun perawatannya, simak saja jawaban dari FAQ di platform SolarHub!

 

Referensi:

https://iesr.or.id/mengejar-dan-menjaga-momentum-kenaikan-energi-surya

https://kumparan.com/solar-kita/tips-perawatan-sistem-panel-surya-yang-perlu-diketahui-1rvUZV4nHWW/4

http://m.icasolar.com/support/blog/bersih-panel

https://www.sanspower.com/panel-surya-juga-perlu-perawatan-berkala.html

https://www.sunterra.id/sulitkah-perawatan-panel-surya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *