Social Media

Monday, May 27, 2024

6 Tips Mencari Jasa Pemasangan Panel Surya yang Tepat untuk Anda

Apabila Anda sudah mantap mau memasang PLTS Atap atau panel surya untuk bangunan, memilih kualitas produk yang baik saja belum cukup; Anda juga perlu mencari penyedia jasa pemasangan yang tepat. Jika tidak, bisa-bisa malah panel surya tidak bekerja dengan maksimal, atau biaya yang diberikan penyedia jasa lebih mahal daripada pasaran. Lalu, bagaimana cara mencari jasa pemasangan panel surya yang tepat?

6 Tips Mencari Jasa Pemasangan Panel Surya

Mulai dari mempelajari track record hingga memanfaatkan direktori penyedia jasa solar panel, berikut hal-hal penting yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendapatkan jasa terbaik pemasangan panel surya.

1. Cek track record atau portofolio perusahaan tersebut

Cek track record perusahaan pemasang panel surya melalui portofolio mereka. Jika portofolio tidak tersedia pada website, Anda bisa meminta langsung kepada mereka. Dari portofolio inilah Anda dapat mengecek proyek-proyek yang pernah dikerjakan perusahaan, tingkat kompleksitas dan skala proyeknya. Semakin banyak proyek yang pernah mereka kerjakan, tentu semakin baik karena hal tersebut membuktikan bahwa mereka begitu tepercaya.

2. Pastikan bahwa mereka memberikan harga yang jelas

Selain track record, penawaran harga juga tak kalah penting untuk Anda cek. Kumpulkan penawaran dari 3-4 perusahaan agar Anda bisa membandingkan harga dan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Umumnya, perusahaan pemasang panel surya akan meminta untuk langsung mendatangi lokasi properti Anda agar bisa menghitung harga. Nah, pada saat inilah Anda dapat bertanya apa pun untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Sebagai informasi, beberapa pemasangan panel surya membutuhkan konstruksi tambahan pada atap bangunan—tergantung dari kebutuhan dan kondisi properti. Kalau memang butuh pengerjaan konstruksi tambahan, tanyakan apakah quotation penawaran dari perusahaan sudah mencakup hal tersebut.

3. Cari tahu lisensi yang dimiliki perusahaan

Pemasangan panel surya tentu tidak boleh dilakukan sembarangan. Perusahaan harus mematuhi peraturan dari pemerintah sekaligus memenuhi standar kualitas. Selain mengecek hal tersebut dari track record, perusahaan, Anda juga bisa menanyakan lisensi yang mereka miliki. 

Pastikan bahwa perusahaan pilihan Anda sudah mendapatkan lisensi SBUJK EBT dan SIUJPTL. Jika suatu perusahaan memiliki kedua lisensi tersebut, artinya ia telah diakui pemerintah sebagai penyedia panel surya yang tepercaya di Indonesia.

4. Cari tahu juga merek panel surya yang digunakan

Saat berkonsultasi dengan penyedia jasa pemasangan panel surya, tanyakan merek solar panel yang mereka gunakan. Sebaiknya, pilihlah penyedia yang menggunakan merek panel surya ternama. Merek dengan reputasi baik idealnya memiliki performa yang oke pula sehingga lebih tahan lama. Beberapa contoh merek panel surya ternama adalah JA Solar, Jinko Solar, Trina Solar, Canadian Solar, Risen Energy, dan Hanwha QCells.

5. Jangan lupakan garansi

Garansi juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk Anda cek saat mencari jasa pemasangan panel surya. Saat berdiskusi tentang quotation penawaran dengan perusahaan, tanyakan apakah harga tersebut sudah termasuk garansi. Jika iya, pastikan lagi apakah garansi tersebut berlaku selama periode pemakaian panel surya (umumnya 25 tahun).

Sebaiknya, carilah perusahaan yang memberikan penawaran Total Cost of Ownership (TOC). Artinya, penawaran tersebut telah mencakup keseluruhan produk dan layanan, termasuk inspeksi lokasi, biaya panel surya, jasa pemasangan, pemeliharaan setelah pemasangan, dan garansi sampai 25 tahun. Dengan begini, seharusnya tak ada lagi hidden cost yang membuat Anda harus mengeluarkan uang tambahan.

6. Gunakan direktori dari SolarHub

Mencari jasa pemasangan panel surya memang gampang-gampang susah. Banyaknya perusahaan memang memberi Anda beragam pilihan, tapi di sisi lain juga membuat bingung. Agar proses pencarian jadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan direktori dari SolarHub. 

Anda hanya perlu membuka website SolarHub atau klik di sini, lalu di halaman utama ada kolom untuk mencari perusahaan panel surya atau jasa pemasangnya. Pilih juga kota tempat tinggal Anda saat ini, lalu klik “Pindai”. Setelah itu, halaman akan menampilkan perusahaan panel surya atau jasa pemasang yang paling dekat dengan Anda. 

 

Jika memang sudah berniat untuk memasang PLTS Atap untuk rumah atau properti lainnya, mencari jasa pemasangan panel surya yang tepat sangat penting Anda lakukan. Dengan begitu, panel surya yang dipasang bisa tahan lama dan memberikan performa optimal. 

Agar lebih pas dengan kebutuhan, hitung dulu kebutuhan panel surya Anda menggunakan kalkulator SolarHub. Setelah itu, baru Anda bisa menggunakan direktori SolarHub untuk menemukan jasa pemasangan solar panel yang tepat. Bersama SolarHub, pemasangan panel surya jadi lebih mudah dan praktis!

 

Referensi:

https://kumparan.com/solar-kita/lakukan-5-hal-ini-sebelum-memilih-penyedia-sistem-panel-surya-1wvDmnwSh0J/4

https://panelsuryajakarta.com/memilih-jasa-pemasangan-panel-surya-pastikan-penuhi-kriteria-ini/

https://kelistrikan.com/jasa-pemasangan-solar-panel/

https://theplaceboston.com/tips-memilih-jasa-pemasangan-solar-panel-yang-terpercaya/

https://sedayu.com/2021/11/26/cara-memilih-penyedia-solar-panel-yang-tepat/

https://www.builder.id/rekomendasi-merek-panel-surya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *