Social Media

Monday, May 27, 2024

Panel Surya Portable, Solusi Berkemah yang Tepat?

Berkemah memang lekat dengan kegiatan untuk menjauhkan diri dari hiruk pikuk kesibukan harian. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa teknologi seperti smartphone masih dibutuhkan, apalagi saat keadaan darurat. 

Untungnya, saat ini sudah ada berbagai macam panel surya portable yang siap menemani Anda camping. Tidak hanya untuk mengisi baterai smartphone, beberapa panel surya ini juga bisa menjadi sumber energi untuk kebutuhan lain, lho! Memangnya, apa itu panel surya portable?

Apa Itu Panel Surya Portable?

Seperti namanya, panel surya portable adalah rangkaian sel surya dari silikon yang dapat Anda bawa ke mana pun karena desainnya ringkas. Umumnya, jenis panel surya ini terbuat dari plastik atau kain yang bisa dilipat, sehingga Anda bisa menyimpannya di dalam tas ransel untuk berkemah. Selain itu, ada juga panel surya untuk atap mobil khusus camping dengan ukuran lebih kecil daripada PLTS Atap pada umumnya, tetapi masih memiliki inverter dan baterai.

Meski demikian, fungsi dan desain panel surya tersebut tidak berbeda jauh dengan yang ada di rumah. Sebab, panel surya portable masih dapat menyerap sinar matahari untuk diubah menjadi tenaga listrik, yang kemudian akan disalurkan melalui output jack arus bolak-balik dan kabel USB.

Kelebihan Panel Surya Portable untuk Berkemah

Jika Anda suka berkemah di alam terbuka, panel surya portable akan sangat berguna untuk menunjang kegiatan tersebut dengan sejumlah kelebihan di bawah ini.

1. Bisa dipakai di mana saja selama ada matahari

Karena desainnya tidak membutuhkan banyak tempat penyimpanan, Anda dapat menggunakan panel surya portable di mana pun lokasi camping Anda. Selama matahari masih bersinar, Anda akan memiliki pasokan listrik tambahan dari panel surya untuk berbagai kegiatan selama camping. Dengan demikian, kebutuhan Anda akan tetap terpenuhi, dan Anda masih bisa berhubungan dengan dunia luar.

2. Tidak berisik

Terkadang, generator listrik konvensional untuk camping menghasilkan bunyi dengungan yang sangat kentara di tempat sepi. Sayangnya, kebisingan ini dapat mengganggu hewan atau orang lain di sekitar Anda. Tapi, kinerja panel surya sama sekali tidak menghasilkan suara. Jadi, Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak, begitu juga orang lain serta makhluk hidup yang ada di dekat tenda Anda.

3. Tidak merusak lingkungan

Selain menimbulkan kebisingan, power generator yang dapat dibawa ke mana saja untuk berkemah juga memiliki jejak karbon yang cukup tinggi. Sebab, untuk bisa menggunakannya, Anda harus mengisi dayanya dengan listrik bertenaga batu bara atau fosil terlebih dahulu. Di sisi lain, panel surya portable mengandalkan sumber energi terbarukan yang lebih bersih dan ramah lingkungan, yaitu sinar matahari. Jadi, Anda tidak perlu mencemaskan jejak karbon saat berkemah.

Tips Berkemah dengan Panel Surya

Apakah Anda tertarik membawa panel surya portable untuk agenda berkemah dalam waktu dekat? Sebelum berangkat, coba terapkan tips berikut agar camping tambah lancar.

1. Tentukan kebutuhan listrik

Saat memilih panel surya portable untuk memenuhi kebutuhan camping Anda, sebaiknya Anda mengetahui kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Apakah Anda ingin mengisi ulang daya berbagai perangkat elektronik secara bersamaan dan sering memasak, atau sebaliknya? Perlu diingat bahwa setiap panel surya memiliki kapasitas dan besaran output yang berbeda, sehingga Anda harus memilih yang bisa menunjang aktivitas harian selama berkemah.

2. Cari tempat yang tepat

Panel surya portable akan bekerja dengan lebih maksimal saat terdapat banyak cahaya matahari. Oleh sebab itu, pastikan Anda memasang panel surya di lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung. Misalnya, jika Anda menggunakan panel surya yang dapat dilipat pada tenda, jangan lupa mengganti posisinya secara berkala untuk mengikuti arah pergerakan matahari.

3. Pilih panel surya yang sesuai

Langkah terakhir untuk memilih panel surya demi keperluan camping adalah menyesuaikan tipenya dengan moda transportasi yang akan digunakan. Semisal Anda ingin berkemah dengan mobil camper van, belilah panel surya yang dapat dipasang pada atap mobil. Sementara itu, jika Anda hanya akan berjalan kaki dan bermalam di tenda biasa, solar blanket atau panel surya yang bisa dilipat adalah solusi ideal.

 

Panel surya portable merupakan solusi ramah lingkungan untuk menjaga kenyamanan saat berkemah, sehingga tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan teknologi ini untuk hobi camping

Sementara itu, untuk solusi sumber listrik yang ramah lingkungan bagi penggunaan di rumah, Anda bisa memasang PLTS Atap. Ketahui kebutuhan rumah tangga Anda terlebih dahulu dan dapatkan kapasitas panel surya yang cocok melalui kalkulator surya SolarHub. Kemudian, kunjungi direktori SolarHub untuk menemukan layanan pemasangan panel surya di kota Anda.

 

Referensi:

https://www.redarc.com.au/blog/ideal-solar-power-setups-for-remote-camping

https://www.renogy.com/blog/solar-panels-for-a-camper-everything-you-need-to-know/

https://blog.ecoflow.com/us/how-to-use-solar-panels-for-camping/

https://www.outdoorlife.com/gear/best-solar-panels-for-camping/

https://kalkulator.solarhub.id/

https://solarhub.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *